Adi Maulana
assalamualaikum....gimana hukumxa masjid di jual...??krna nie bnar2 trjadi d jatim malang .dan hkum jual belixa syah apa gk??
JAWABAN
Syifa Ramadhany Forza Juventini >>> Tidak diperbolehkannya menjual barang yang sudah diwakafkan itu apabila masih bisa dimanfaatkan, meskipun pemanfaatannya tidak sama persis seperti yang dikehendaki oleh orang yang wakaf, namun dianggap mendekati apa yang dikehendaki oleh waqif (orang yang wakaf) berdasarkan keputusan nadhir (pengelola) wakaf. Sedangkan apabila sudah tidak dapat dimanfaatkan sama sekali, seperti karpet yang diwakafkan untuk masjid dan sudah tidak dapat dipergunakan lagi atau bangunan yang sudah tidak layak dihuni karena hampir roboh, maka dalam kondisi seperti itu barang wakafan boleh dijual. Alasannya, mendapatkan uang dari hasil penjualan tersebut meskipun Cuma sedikit lebih baik dari pada barang wakafan tersebut disia-siakan sebab nantinya uang dari hasil penjualan tersebut juga dimanfaatkan untuk kepentingan wakaf.
Kesimpulannya, menjual tanah wakaf hukumnya tidak diperbolehkan dan akad jual belinya dihukumi sebagai akad yang bathil, selama tanah wakaf tersebut masih bisa dimanfaatkan, sedangkan apabila tanah tersebut sudah tidak bisa dimanfaatkan sama sekali, maka tanah tersebut boleh dijual dan uangnya dipakai untuk kepentingan wakaf. Wallohu a'lam.
Referensi
Al Muhadzdzab, Juz : 2 Hal : 11
ولايجوز بيع الوقف لما روى ابن عمر رضي الله عنه قال أصاب عمر رضي الله عنه أرضا بخيبر فأتى البني صلى الله عليه وسلم يستأمره فيها فقال: "إن شئت حبست أصله وتصدقت بها" قال: فتصدق بها عمر صدقة لا يباع أصلها ولا يوهب ولا يورث
Referensi
Al-Majmu', Juz 9 Hal : 245
بيع العين الموقوفة باطل بلا خلاف عندنا سواء قلنا إن الملك فيه لله تعالى أو للموقوف عليه أو باق على ملك الواقف
Referensi
Mughnil Muhtaj, Juz 3 Hal : 550-551
والأصح جواز بيع حصر المسجد) الموقوفة (إذا بليت وجذوعه إذا انكسرت) أو أشرفت على ذلك كما في الروضة وأصلها، ولو اقتصر عليه المصنف لفهم حكم المنكسر بطريق الأولى (ولم تصلح إلا للإحراق) لئلا تضيع ويضيق المكان بها من غير فائدة فتحصيل نزر يسير من ثمنها يعود إلى الوقف أولى من ضياعها ولا تدخل بذلك تحت بيع الوقف؛ لأنها صارت في حكم المعدومة، وهذا ما جرى عليه الشيخان: وهو المعتمد، وعلى هذا يصرف ثمنها في مصالح المسجد
Referensi
Tuhfatul Muhtaj, juz 6 hal : 282
وخرج بقوله ولم تصلح إلخ ما إذا أمكن أن يتخذ منه نحو ألواح فلا تباع قطعا بل يجتهد الحاكم ويستعمله فيما هو أقرب لمقصود الواقف قال السبكي حتى لو أمكن استعماله بإدراجه في آلات العمارة امتنع بيعه فيما يظهر وقد تقوم قطعة جذع مقام آجرة، والنحاتة مقام التراب ويختلط به أي: فيقوم مقام التبن الذي يخلط به الطين وأجريا الخلاف في دار منهدمة أو مشرفة على الانهدام ولم تصلح للسكنى
Link Asal
https://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/permalink/495237180547642/
mantap artikelnya.. syukron..
BalasHapuswww.kiostiket.com