Darma Kusuma
Assalamualaikum wbr yaa ahinal mukarrom shohibil fadilah para kiyai para ustadz ustadzah sauadara sadari seblumnya sya minta maaf dgn sebesar2nya
Ada kiriman prtanyaan tentang meng qosor shalat. Apakah shalat yg bangsa sulasii bisa di qosor ataw tdk? klo tdk boleh apakah ijma, ulama, yg tdk memper bolehkan mengqosor shalat ter sebut. atas penjelasannya saya ucapkan sukron kasiron.
JAWABAN
Kakek Jhosy >>> Wa'alaikum salam
SYARAT SHALAT QASHAR
Boleh bagi musafir untuk mengqashar shalat yang empat raka'at menjadi 2 (dua) raka'at dengan 5 (lima) syarat
(a) Bukan perjalanan maksiat
(b) Jarak yang ditempuh mencapai 16 farsakh[1]. (c) Shalat empat raka'at
(d) Niat qashar saat takbiratul ihram (takbir pertama)
(e) Tidak bermakmum pada orang mukim
SHALAT JAMAK
Musafir boleh menjamak (mengumpulkan) shalat antara shalat dzuhur dan ashar dalam satu waktu yang mana saja dan antara shalat maghrib dan isya' di waktu mana saja yang disuka
Referensi Fathul qorib
فصل) ويجوز للمسافر قصر الصلاة الرباعية بخمس شرائط: أن يكون سفره في غير معصية. وأن تكون مسافته ستة عشر فرسخا. وأن يكون مؤديا للصلاة الرباعية. وأن ينوي القصر مع الإحرام. وأن لا يأتم بمقيم.
ويجوز للمسافر أن يجمع بين الظهر والعصر في وقت أيهما شاء وبين المغرب والعشاء في وقت أيهما شاء، ويجوز للحاضر في المطر أن يجمع بينهما في وقت الأولى منهما
Wes Qie >>> Al-allamah jalaluddin Al-Mahalli dalam kitab beliau "Syarah Minhajut Tholibin" menerangkan : "Seandainya musafir (orang yang bepergian) berniat mukim selama empat hari ditempat tujuannya, maka perjalanannya dianggap usai ketika ia sampai ditempat yang dituju. Begitu juga apabila sesudah sampai ditempat tujuan dia lalu berniat akan bermukim selama empat hari ditempat tersebut, maka perjalanannya juga dianggap usai sebab niat tersebut. Tapi, seandainya ia berniat mukimnya kurang dari empat hari dalam dua permasalahan diatas (yaitu niatnya sebelum atau sesudah sampai ditempat tujuan), maka perjalanannya belum dianggap usai".
Jadi, ketika sudah ada niat untuk bermukim selama empat hari, baik niatnya sebelum atau sesudah sampai ditempat tujuan, bagi seorang musafir tidak diperkenankan melakukan qoshor ataupun jama' di tempat tujuannya. Sedangkan apabila niat mukimnya kurang dari empat hari tetap diperbolehkan melakukan sholat qoshor dan jama' sholat ditempat tujuannya. Ketentuan batasan hari diperbolehkannya qoshor bagi orang yang bepergian adalah tiga hari tersebut didasarkan pada hadits nabi ;
مُكْثُ الْمُهَاجِرِ بَعْدَ قَضَاءِ نُسُكِهِ ثَلَاثٌ
"Orang yang hijrah boleh tinggal di Makkah selama tiga hari setelah ibadah hajinya selesai". ( Suan Ad-Darimi, no.1552 )
Dalam riwayat lain disebutkan ;
رَخَّصَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِلْمُهَاجِرِينَ أَنْ يُقِيمُوا ثَلَاثًا بَعْدَ الصَّدَرِ بِمَكَّةَ
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memberikan rukhshah bagi orang-orang untuk bermukim selama tiga hari setelah sampai di Makkah." ( Sunan Ad-Darimi, no.1553 )
Referensi :
1. Syarah Al-Mahalli, Juz : 1 Hal : 296-297
2. Sunan Ad-Darimi, Juz : 2 Hal : 948
Ibarot :
Syarah Al-Mahalli, Juz : 1 Hal : 296-297
ولو نوى إقامة أربعة أيام بموضع انقطع سفره بوصوله ولا يحسب منها يوما دخوله وخروجه على الصحيح
..................................
ولو نوى) المسافر (إقامة أربعة أيام بموضع) عينه (انقطع سفره بوصوله) أي بوصول ذلك الموضع، ولو نوى بموضع وصل إليه إقامة أربعة أيام انقطع سفره بالنية، ولو نوى إقامة ما دون الأربعة في المسألتين، وإن زاد على الثلاثة لم ينقطع سفره ولو أقام أربعة أيام بلا نية انقطع سفره بتمامها. وأصل ذلك كله حديث: «يقيم المهاجر بعد قضاء نسكه ثلاثا» . متفق عليه «وكان يحرم على المهاجر الإقامة بمكة ومساكنة الكفار» . كما رواه الشيخان فالترخيص بالثلاث يدل على أنها لا تقطع حكم السفر بخلاف الأربعة وألحق بإقامتها نية إقامتها، وتعتبر بلياليها (ولا يحسب منها يوما دخوله وخروجه على الصحيح) لأن فيهما الحط والرحيل، وهما من أشغال السفر
Sunan Ad-Darimi, Juz : 2 Hal : 948
1552 - أَخْبَرَنَا أَبُو عَاصِمٍ، عَنْ ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ حُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ، عَنْ السَّائِبِ بْنِ يَزِيدَ، عَنْ الْعَلَاءِ بْنِ الْحَضْرَمِيِّ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ «مُكْثُ الْمُهَاجِرِ بَعْدَ قَضَاءِ نُسُكِهِ ثَلَاثٌ»
تعليق المحقق: إسناده صحيح
1553 - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ، حَدَّثَنَا حَفْصٌ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ حُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ، عَنْ السَّائِبِ بْنِ يَزِيدَ، [ص:949] عَنْ الْعَلَاءِ بْنِ الْحَضْرَمِيِّ قَالَ: «رَخَّصَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِلْمُهَاجِرِينَ أَنْ يُقِيمُوا ثَلَاثًا بَعْدَ الصَّدَرِ بِمَكَّةَ» قَالَ أَبُو مُحَمَّد «أَقُولُ بِهِ»
تعليق المحقق: إسناده صحيح
Link Asal
http://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/permalink/488085607929466/
Assalamualaikum wbr yaa ahinal mukarrom shohibil fadilah para kiyai para ustadz ustadzah sauadara sadari seblumnya sya minta maaf dgn sebesar2nya
Ada kiriman prtanyaan tentang meng qosor shalat. Apakah shalat yg bangsa sulasii bisa di qosor ataw tdk? klo tdk boleh apakah ijma, ulama, yg tdk memper bolehkan mengqosor shalat ter sebut. atas penjelasannya saya ucapkan sukron kasiron.
JAWABAN
Kakek Jhosy >>> Wa'alaikum salam
SYARAT SHALAT QASHAR
Boleh bagi musafir untuk mengqashar shalat yang empat raka'at menjadi 2 (dua) raka'at dengan 5 (lima) syarat
(a) Bukan perjalanan maksiat
(b) Jarak yang ditempuh mencapai 16 farsakh[1]. (c) Shalat empat raka'at
(d) Niat qashar saat takbiratul ihram (takbir pertama)
(e) Tidak bermakmum pada orang mukim
SHALAT JAMAK
Musafir boleh menjamak (mengumpulkan) shalat antara shalat dzuhur dan ashar dalam satu waktu yang mana saja dan antara shalat maghrib dan isya' di waktu mana saja yang disuka
Referensi Fathul qorib
فصل) ويجوز للمسافر قصر الصلاة الرباعية بخمس شرائط: أن يكون سفره في غير معصية. وأن تكون مسافته ستة عشر فرسخا. وأن يكون مؤديا للصلاة الرباعية. وأن ينوي القصر مع الإحرام. وأن لا يأتم بمقيم.
ويجوز للمسافر أن يجمع بين الظهر والعصر في وقت أيهما شاء وبين المغرب والعشاء في وقت أيهما شاء، ويجوز للحاضر في المطر أن يجمع بينهما في وقت الأولى منهما
Wes Qie >>> Al-allamah jalaluddin Al-Mahalli dalam kitab beliau "Syarah Minhajut Tholibin" menerangkan : "Seandainya musafir (orang yang bepergian) berniat mukim selama empat hari ditempat tujuannya, maka perjalanannya dianggap usai ketika ia sampai ditempat yang dituju. Begitu juga apabila sesudah sampai ditempat tujuan dia lalu berniat akan bermukim selama empat hari ditempat tersebut, maka perjalanannya juga dianggap usai sebab niat tersebut. Tapi, seandainya ia berniat mukimnya kurang dari empat hari dalam dua permasalahan diatas (yaitu niatnya sebelum atau sesudah sampai ditempat tujuan), maka perjalanannya belum dianggap usai".
Jadi, ketika sudah ada niat untuk bermukim selama empat hari, baik niatnya sebelum atau sesudah sampai ditempat tujuan, bagi seorang musafir tidak diperkenankan melakukan qoshor ataupun jama' di tempat tujuannya. Sedangkan apabila niat mukimnya kurang dari empat hari tetap diperbolehkan melakukan sholat qoshor dan jama' sholat ditempat tujuannya. Ketentuan batasan hari diperbolehkannya qoshor bagi orang yang bepergian adalah tiga hari tersebut didasarkan pada hadits nabi ;
مُكْثُ الْمُهَاجِرِ بَعْدَ قَضَاءِ نُسُكِهِ ثَلَاثٌ
"Orang yang hijrah boleh tinggal di Makkah selama tiga hari setelah ibadah hajinya selesai". ( Suan Ad-Darimi, no.1552 )
Dalam riwayat lain disebutkan ;
رَخَّصَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِلْمُهَاجِرِينَ أَنْ يُقِيمُوا ثَلَاثًا بَعْدَ الصَّدَرِ بِمَكَّةَ
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memberikan rukhshah bagi orang-orang untuk bermukim selama tiga hari setelah sampai di Makkah." ( Sunan Ad-Darimi, no.1553 )
Referensi :
1. Syarah Al-Mahalli, Juz : 1 Hal : 296-297
2. Sunan Ad-Darimi, Juz : 2 Hal : 948
Ibarot :
Syarah Al-Mahalli, Juz : 1 Hal : 296-297
ولو نوى إقامة أربعة أيام بموضع انقطع سفره بوصوله ولا يحسب منها يوما دخوله وخروجه على الصحيح
..................................
ولو نوى) المسافر (إقامة أربعة أيام بموضع) عينه (انقطع سفره بوصوله) أي بوصول ذلك الموضع، ولو نوى بموضع وصل إليه إقامة أربعة أيام انقطع سفره بالنية، ولو نوى إقامة ما دون الأربعة في المسألتين، وإن زاد على الثلاثة لم ينقطع سفره ولو أقام أربعة أيام بلا نية انقطع سفره بتمامها. وأصل ذلك كله حديث: «يقيم المهاجر بعد قضاء نسكه ثلاثا» . متفق عليه «وكان يحرم على المهاجر الإقامة بمكة ومساكنة الكفار» . كما رواه الشيخان فالترخيص بالثلاث يدل على أنها لا تقطع حكم السفر بخلاف الأربعة وألحق بإقامتها نية إقامتها، وتعتبر بلياليها (ولا يحسب منها يوما دخوله وخروجه على الصحيح) لأن فيهما الحط والرحيل، وهما من أشغال السفر
Sunan Ad-Darimi, Juz : 2 Hal : 948
1552 - أَخْبَرَنَا أَبُو عَاصِمٍ، عَنْ ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ حُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ، عَنْ السَّائِبِ بْنِ يَزِيدَ، عَنْ الْعَلَاءِ بْنِ الْحَضْرَمِيِّ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ «مُكْثُ الْمُهَاجِرِ بَعْدَ قَضَاءِ نُسُكِهِ ثَلَاثٌ»
تعليق المحقق: إسناده صحيح
1553 - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ، حَدَّثَنَا حَفْصٌ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ حُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ، عَنْ السَّائِبِ بْنِ يَزِيدَ، [ص:949] عَنْ الْعَلَاءِ بْنِ الْحَضْرَمِيِّ قَالَ: «رَخَّصَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِلْمُهَاجِرِينَ أَنْ يُقِيمُوا ثَلَاثًا بَعْدَ الصَّدَرِ بِمَكَّةَ» قَالَ أَبُو مُحَمَّد «أَقُولُ بِهِ»
تعليق المحقق: إسناده صحيح
Link Asal
http://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/permalink/488085607929466/
Bsa gk Jamak Semua shalat maksudnya kan Pergi ke jakarta nih gan kan 8 jam lalu pergi naek pesawat , kan kita pasti tinggal Zhuhur, ashar, magrib, dan isya
BalasHapuskata teman ane bsa gk di gbung ke 4 shalat itu dalam 1 Waktu ??
Sekian Terima Kasih .. !!!
Mhon Petunjuknya :D