Awiemb Al-maghfur >>> Assalamu'alaikum...Mau nanya.Gmna hukumnya mencuri punya 0rtu.
Secara umum, seorang anak tidak boleh atau haram mengambil harta ayah atau ibunya tanpa ijin . maka ia dihukumi sebagai pencuri sebagai mana ia mencuri milik orang lain. namun jika ank mencuri harta orang tua atau orang tua mencuri (mengambil hartanya tanpa ijin pemiliknya) tidak perlu dipotong tangannya (apabila di negara Islam yang memberlakukan potong tangan) menurut pendapat jumhur (mayoritas) ulama.Anak atau cucu tidak dipotong tanganya karena sebab mencuri harta ayah atau kakeknya. Ini pendapat dari Hasan al Bishri, Syafi'i, Ishak, Tsauri dan ashab ar ra'y
Referensi
الشرح الكبير - عبد الرحمن بن قدامه - ج ١٠ - الصفحة ٢٧٦
فصل) ولا يقطع الابن وان سفل بسرقة مال والده وان علا وبه قال الحسن والشافعي وإسحاق والثوري وأصحاب الرأي
Referensi
المحلى - ابن حزم - ج ١١ - الصفحة ٣٤٤
مسألة - من سرق من ذي رحم محرمة - قال أبو محمد رحمه اللهاختلف الناس فيمن سرق من مال كل ذي رحم محرمة فقال مالك. وأبو حنيفةوالشافعي. وأحمد بن حنبل. وأصحابهم. وسفيان الثوري. واسحق: ان سرق الأبوان من مال ابنهما. أو بنتهما فلا قطع عليهما، قال الشافعي: وكذلك الأجداد والجدات كيف كانوا لا قطع عليهم فيما سرقوه من مال من تليه ولادتهم، وقالهؤلاء كلهم حاشى مالكا. وأبا ثور لا قطع على الولد ولا على البنت فيما سرقاه من مال الوالدين. أو الأجداد. أو الجدات، قال مالك. وأبو ثور: عليهما القطع في ذلك، وقال الثوري. وأبو حنيفة. وأصحابه: لا قطع على كل من سرق مالا لاحد من رحمه المحرمة،
Link Asal : https://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/permalink/502815806456446/ ?comment_id=503119329759427&offset=0&total_comments=45
- JAWABAN
Secara umum, seorang anak tidak boleh atau haram mengambil harta ayah atau ibunya tanpa ijin . maka ia dihukumi sebagai pencuri sebagai mana ia mencuri milik orang lain. namun jika ank mencuri harta orang tua atau orang tua mencuri (mengambil hartanya tanpa ijin pemiliknya) tidak perlu dipotong tangannya (apabila di negara Islam yang memberlakukan potong tangan) menurut pendapat jumhur (mayoritas) ulama.Anak atau cucu tidak dipotong tanganya karena sebab mencuri harta ayah atau kakeknya. Ini pendapat dari Hasan al Bishri, Syafi'i, Ishak, Tsauri dan ashab ar ra'y
Referensi
الشرح الكبير - عبد الرحمن بن قدامه - ج ١٠ - الصفحة ٢٧٦
فصل) ولا يقطع الابن وان سفل بسرقة مال والده وان علا وبه قال الحسن والشافعي وإسحاق والثوري وأصحاب الرأي
Referensi
المحلى - ابن حزم - ج ١١ - الصفحة ٣٤٤
مسألة - من سرق من ذي رحم محرمة - قال أبو محمد رحمه اللهاختلف الناس فيمن سرق من مال كل ذي رحم محرمة فقال مالك. وأبو حنيفةوالشافعي. وأحمد بن حنبل. وأصحابهم. وسفيان الثوري. واسحق: ان سرق الأبوان من مال ابنهما. أو بنتهما فلا قطع عليهما، قال الشافعي: وكذلك الأجداد والجدات كيف كانوا لا قطع عليهم فيما سرقوه من مال من تليه ولادتهم، وقالهؤلاء كلهم حاشى مالكا. وأبا ثور لا قطع على الولد ولا على البنت فيما سرقاه من مال الوالدين. أو الأجداد. أو الجدات، قال مالك. وأبو ثور: عليهما القطع في ذلك، وقال الثوري. وأبو حنيفة. وأصحابه: لا قطع على كل من سرق مالا لاحد من رحمه المحرمة،
Link Asal : https://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/permalink/502815806456446/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar