Minggu, 02 Juni 2013

MENINGGAL DIBULAN RAMADHAN SEBELUM MENGODHO' PUASANYA

Ifas Irama
Assalamu'alikum... Pertanyaan titipan dr ustadz Xavi Halim Al Qadiri
mo gabung ni.
seumpama da org sakit waktu bulan puasa
sampe' dia tdk puasa pas pertengahan bulan
dia meninggal. naah gmana tuh cara
qhodo'nya.


  • JAWABAN
Brojol Gemblung >>> Kira-kira ibaroh seperti ini pas tidak untuk kasus seperti di atas :

ﻛﻔﺎﻳﺔ ﺍﻷﺧﻴﺎﺭ ﻓﻲ ﺣﻞ ﻏﺎﻳﺔ ﺍﻻﺧﺘﺼﺎﺭ 1/212 : 

ﻗﺎﻝ : ﻭﻣﻦ ﻣﺎﺕ ﻭﻋﻠﻴﻪ ﺻﻮﻡ ﻣﻦ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﺃﻃﻌﻢ ﻋﻨﻪ ﻟﻜﻞ ﻳﻮﻡ ﻣﺪ ﻭﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﻟﻔﺎﻧﻲ ﺇﻥ ﻋﺠﺰ ﻋﻦ ﺍﻟﺼﻮﻡ ﻳﻔﻄﺮ ﻭﻳﻄﻌﻢ ﻋﻦ ﻛﻞ ﻳﻮﻡ ﻣﺪﺍ. 

ﻣﻦ ﻓﺎﺗﻪ ﺻﻴﺎﻡ ﻣﻦ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﻭﻣﺎﺕ ﻧﻈﺮ: ﺇﻥ ﻣﺎﺕ ﻗﺒﻞ ﺗﻤﻜﻨﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﻘﻀﺎﺀ ﺑﺄﻥ ﻣﺎﺕ ﻭﻋﺬﺭﻩ ﻗﺎﺋﻢ ﻛﺎﺳﺘﻤﺮﺍﺭ ﺍﻟﻤﺮﺽ ﻓﻼ ﻗﻀﺎﺀ ﻭﻻ ﻓﺪﻳﺔ ﻭﻻ ﺇﺛﻢ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻣﺎﺕ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺘﻤﻜﻦ ﻭﺟﺐ ﺗﺪﺍﺭﻙ ﻣﺎ ﻓﺎﺗﻪ.

Syech Abu Syuja' berkata : Barangsiapa meninggal dunia dan mempunyai tanggungan puasa Ramadhan, maka harta peninggalannya diambil satu mud sebagai ganti puasanya tiap-tiap satu hari. Dan orang tua yg lanjut usia, apabila tidak kuat berpuasa maka diperbolehkan untuk berbuka dan harus memberi makan satu mud untuk tiap-tiap satu harinya.

Barangsiapa tetinggal puasa dari bulan Ramadhan kemudian dia meninggal, maka dipertimbangkan dahulu; Apabila meninggalnya sebelum dia sempat mengqadha` puasanya, misalnya ketika meninggal dia masih tetap 'udzur karena terus menerus sakit, maka tidak wajib mengqadha` dan tidak wajib membayar fidyah serta tidak berdosa. Dan apabila meninggalnya setelah dia bisa mengqadha` puasanya, maka wajib menyusuli puasa yg tertinggal itu.


Kakek Jhosy >>> Ikutan nyumbang kemungkinan pas he he . . . . . 

Referensi
شرح النووي على مسلم ج ٨ ص ٢٣
قال أبو زكريا محيي الدين يحيى بن شرف النووي ( المتوفى: ٦٧٦هـ ) فَأَمَّا مَنْ أَفْطَرَ فِي رَمَضَانَ بِعُذْرٍ ثُمَّ اتَّصَلَ عَجْزُهُ فَلَمْ يَتَمَكَّنْ مِنَ الصَّوْمِ حَتَّى مَاتَ فَلا صَوْمَ عَلَيْهِ وَلا يُطْعَمُ عَنْهُ وَلا يُصَامُ عَنْهُ

Referensi
الحاوي الكبير ج ٣ ص ٤٥٣
وقال أبو الحسن علي بن محمد بن محمد بن حبيب البصري البغدادي، الشهير بالماوردي ( المتوفى: ٤٥٠هـ ) فَإِنْ مَاتَ قَبْلَ إِمْكَانِ الصَّوْمِ فَلَا كَفَّارَةَ عَلَيْهِ وَإِنْ مَاتَ بَعْدَ إِمْكَانِ الصَّوْمِ فَعَلَيْهِ الْكَفَّارَةُ فِي مَالِهِ عَنْ كُلِّ يَوْمٍ مُدٌّ لِمِسْكِينٍ، 

Referensi
البيان في مذهب الإمام الشافعي ج ٣ ص ٥٤٥
وقال أبو الحسين يحيى بن أبي الخير بن سالم العمراني اليمني الشافعي ( المتوفى: ٥٥٨هـ ) إذا كان عليه قضاء من شهر رمضان، فلم يصم حتى مات.. نظرت: فإن دام العذر إلى أن مات.. لم يجب أن يطعم عنه، وبه قال عامة الفقهاء

Referensi
المنهاج القويم شرح المقدمة الحضرمية ص ٢٥١
وقال أحمد بن محمد بن علي بن حجر الهيتمي ( المتوفى: ٩٧٤هـ ) وإنما يجب القضاء حيث تجب الفدية عنه لو مات قبل صومه إن أخره "بعد التمكن" منه؛ وإلا بأن مات عقب موجب القضاء أو استمر به العذر إلى موته أو سافر أو مرض بعد أول يوم من شوال إلى أن مات فلا فدية عليه لعدم تمكنه منه

Link asal : https://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/permalink/501384586599568/?comment_id=501693439902016&offset=0&total_comments=24

Tidak ada komentar:

Posting Komentar