MENJAWAB ADZAN DISAAT MEMBACA AL-QUR'AN DAN DZIKIR
Anuek Agam >>>
Assalamulai'kum ustaz ! Misalnya ketika jamaah sedang
tahlilan dirumah yg musibah, waktu
insya di kumandankan azan.
Pertanyaannya apakah tahlilan
dilanjutkan terus ketika azan
dikumandangkan atau berhenti untuk menjawab azan dulu ?Tas
jwbnnya sy ucapkan trims.
JAWABAN
Brojol Gemblung >>> Waalaikumussalam
Sesuai kemufakatan para ulama bahwa orang yg membaca al-Qur`an dan berdzikir disunnahkan untuk menjawab adzan. Maka dg demikian hendaklah orang yg berdzikir memutus dzikirnya untuk menjawab adzan. Dan andai dia meneruskan dzikirnya sampai selesai hingga adzan pun selesai, maka apabila jarak antara berhentinya dzikir dan adzan itu tidak lama maka masih disunnahkan untuk menjawabnya.
ﺗﺤﻔﺔ ﺍﻟﻤﺤﺘﺎﺝ ﻓﻲ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻤﻨﻬﺎﺝ 1/480 :
ﻭﻳﻘﻄﻊ ﻟﻺﺟﺎﺑﺔ ﻧﺤﻮ ﺍﻟﻘﺮﺍﺀﺓ ، ﻭﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ، ﻭﺍﻟﺬﻛﺮ ﻭﺗﻜﺮﻩ ﻟﻤﻦ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﺇﻻ ﺍﻟﺤﻴﻌﻠﺔ ﺃﻭ ﺍﻟﺘﺜﻮﻳﺐ ، ﺃﻭ ﺻﺪﻗﺖ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﺒﻄﻠﻬﺎ ﺇﻥ ﻋﻠﻢ ﻭﺗﻌﻤﺪ ﻭﻟﻤﺠﺎﻣﻊ ﻭﻗﺎﺿﻲ ﺣﺎﺟﺔ ﺑﻞ ﻳﺠﻴﺒﺎﻥ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﻔﺮﺍﻍ ﻛﻤﺼﻞ ﺇﻥ ﻗﺮﺏ ﺍﻟﻔﺼﻞ
ﺍﻟﻤﻮﺳﻮﻋﺔ ﺍﻟﺸﺎﻣﻠﺔ - ﺍﻟﻔﻘﻪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺬﺍﻫﺐ ﺍﻷﺭﺑﻌﺔ 1/467
ﺃﻣﺎ ﺍﻟﻘﺎﺭﺉ ﻭﺍﻟﺬﺍﻛﺮ ﻓﺘﻄﻠﺐ ﻣﻨﻬﻤﺎ ﺍﻹﺟﺎﺑﺔ ﺑﺎﺗﻔﺎﻕ
ﺍﻟﺠﺎﻣﻌﺔ ﺍﻹﺳﻼﻣﻴﺔ ﺑﺎﻟﻤﺪﻳﻨﺔ ﺍﻟﻤﻨﻮﺭﺓ - ﻣﺤﺘﻮﻯ ﻛﺘﺎﺏ ﺇﻋﺎﻧﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ ﻋﻠﻰ ﺣﻞ ﺃﻟﻔﺎﻅ ﻓﺘﺢ ﺍﻟﻤﻌﻴﻦ - 271
ﻗﺎﻝ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﺤﻔﺔ: ﻫﻮ ﺍﻷﻓﻀﻞ، ﻓﻠﻮ ﺳﻜﺖ ﺣﺘﻰ ﻓﺮﻍ ﻛﻞ ﺍﻷﺫﺍﻥ ﺛﻢ ﺃﺟﺎﺏ ﻗﺒﻞ ﻓﺎﺻﻞ ﻃﻮﻳﻞ ﻋﺮﻓﺎ ﻛﻔﻰ ﻓﻲ ﺃﺻﻞ ﺳﻨﺔ ﺍﻹﺟﺎﺑﺔ ﻛﻤﺎ ﻫﻮ ﻇﺎﻫﺮ. ﺍﻩ
Link Asal : https://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/permalink/578811818856844/?comment_id=578924702178889&offset=0&total_comments=33
Anuek Agam >>>
Assalamulai'kum ustaz ! Misalnya ketika jamaah sedang
tahlilan dirumah yg musibah, waktu
insya di kumandankan azan.
Pertanyaannya apakah tahlilan
dilanjutkan terus ketika azan
dikumandangkan atau berhenti untuk menjawab azan dulu ?Tas
jwbnnya sy ucapkan trims.
JAWABAN
Brojol Gemblung >>> Waalaikumussalam
Sesuai kemufakatan para ulama bahwa orang yg membaca al-Qur`an dan berdzikir disunnahkan untuk menjawab adzan. Maka dg demikian hendaklah orang yg berdzikir memutus dzikirnya untuk menjawab adzan. Dan andai dia meneruskan dzikirnya sampai selesai hingga adzan pun selesai, maka apabila jarak antara berhentinya dzikir dan adzan itu tidak lama maka masih disunnahkan untuk menjawabnya.
ﺗﺤﻔﺔ ﺍﻟﻤﺤﺘﺎﺝ ﻓﻲ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻤﻨﻬﺎﺝ 1/480 :
ﻭﻳﻘﻄﻊ ﻟﻺﺟﺎﺑﺔ ﻧﺤﻮ ﺍﻟﻘﺮﺍﺀﺓ ، ﻭﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ، ﻭﺍﻟﺬﻛﺮ ﻭﺗﻜﺮﻩ ﻟﻤﻦ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﺇﻻ ﺍﻟﺤﻴﻌﻠﺔ ﺃﻭ ﺍﻟﺘﺜﻮﻳﺐ ، ﺃﻭ ﺻﺪﻗﺖ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﺒﻄﻠﻬﺎ ﺇﻥ ﻋﻠﻢ ﻭﺗﻌﻤﺪ ﻭﻟﻤﺠﺎﻣﻊ ﻭﻗﺎﺿﻲ ﺣﺎﺟﺔ ﺑﻞ ﻳﺠﻴﺒﺎﻥ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﻔﺮﺍﻍ ﻛﻤﺼﻞ ﺇﻥ ﻗﺮﺏ ﺍﻟﻔﺼﻞ
ﺍﻟﻤﻮﺳﻮﻋﺔ ﺍﻟﺸﺎﻣﻠﺔ - ﺍﻟﻔﻘﻪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺬﺍﻫﺐ ﺍﻷﺭﺑﻌﺔ 1/467
ﺃﻣﺎ ﺍﻟﻘﺎﺭﺉ ﻭﺍﻟﺬﺍﻛﺮ ﻓﺘﻄﻠﺐ ﻣﻨﻬﻤﺎ ﺍﻹﺟﺎﺑﺔ ﺑﺎﺗﻔﺎﻕ
ﺍﻟﺠﺎﻣﻌﺔ ﺍﻹﺳﻼﻣﻴﺔ ﺑﺎﻟﻤﺪﻳﻨﺔ ﺍﻟﻤﻨﻮﺭﺓ - ﻣﺤﺘﻮﻯ ﻛﺘﺎﺏ ﺇﻋﺎﻧﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ ﻋﻠﻰ ﺣﻞ ﺃﻟﻔﺎﻅ ﻓﺘﺢ ﺍﻟﻤﻌﻴﻦ - 271
ﻗﺎﻝ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﺤﻔﺔ: ﻫﻮ ﺍﻷﻓﻀﻞ، ﻓﻠﻮ ﺳﻜﺖ ﺣﺘﻰ ﻓﺮﻍ ﻛﻞ ﺍﻷﺫﺍﻥ ﺛﻢ ﺃﺟﺎﺏ ﻗﺒﻞ ﻓﺎﺻﻞ ﻃﻮﻳﻞ ﻋﺮﻓﺎ ﻛﻔﻰ ﻓﻲ ﺃﺻﻞ ﺳﻨﺔ ﺍﻹﺟﺎﺑﺔ ﻛﻤﺎ ﻫﻮ ﻇﺎﻫﺮ. ﺍﻩ
Link Asal : https://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/permalink/578811818856844/?comment_id=578924702178889&offset=0&total_comments=33
Tidak ada komentar:
Posting Komentar