Jumat, 27 Desember 2013

APAKAH WAJIB MANDI JIKA ADA ORANG SEUTUH TUBUHNYA MASUK KE DALAM FARJI

Modan Jarank Sadar Tretanz >>> 
assLamualaikum wr wb.
KLw da memek sperti Gunung *mka sya msuk apa kLuar.a wjib adus pa ngak...


Jawaban: 
Ardi Dhoank Ajach >>> Waalaikumsalam Warohmatullahi.........................

Nyombang dikit Jozzzzzzzzzz

Mang ada Farji yang kyak gitu qiqqiqiqiqiqiqiqiqiiqqi

apabila ada seseorang masuk ke dalam farji seorang wanita maka wajib bagi keduanya ( si laki-laki dan si wanita) mandi karena nyatanya masuk hasyafahnya ke farji si wanita.baik dzakar dahulu ataupun tidak.

ولو دخل شخص فرج امرأة وجب عليهما الغسل لأنه صدق عليه دخول حشفة فرجا ولا اعتبار بكونه دخل تبعا
حاشية الباجوري ج 1 ص 73 الحرمين

Namun dalam kitab karangan dari ulama madzhab maliki yaitu kitab hasyiyah as-showi karangan imam Ahmad As-showi Al-malikiy di jelaskan jika seseorang masuk dengan sempurna seluruh badanya ke dalam farji wanita maka tidak ada dalil yang menerangkanya menutrut kami yaitu madzhab malikiyah,dan ulama syafi'iyyah berpendapat:jika memulai masuknya ke dalam farji wanita dengan di dahului dzakarnya terlebih dahulu maka ia wajib mandi,namun jika ketika masuknya tidak di dahului dzakarnya terlebih dahulu maka tidak wajib mandi.sepertinya mereka ulama madzhab syafi'iyyah melihat masalah ini seperti dalam masalah masuk ke ruang udara,masalah ini dapat di misalkan pada farji gajah atau hewan-hewan laut yang besar (besar di sini besar sekali seperti paus,hiu atau lainya pokoknya besar).

لو دخل شخص بتمامه فى الفرج؛ فلا نص عندنا. وقالت الشافعية: إن بدأ فى الدخول بذكره اغتسل، وإلا فلا كأنهم رأوه كالتغييب فى الهوىّ.ويفرض ذلك فى الفيلة ودواب البحر الهائلة.

حاشية الصاوي على الشرح الصغير ج 1 ص 179 فقه المالكي المرجع الأكبر25






JAWABAN

Kakek Jhøsy 

Wa'alaikum salam

Menurut Syafi'iyyah Kalau yang dimasukan dzakarnya duluan maka wajib adus 

Referensi
حاشية الدسوقي على الشرح الكبير 
 فلو دخل الشخص بتمامه في الفرج فلا نص عندنا وقالت الشافعية إن بدأ في الدخول بذكره اغتسل وإلا فلا كأنهم رأوه كالتغييب في الهوا
Mohon Koreksinya . . . .


Brojol Gemblung  >>> 

ﺗﺤﻔﺔ ﺍﻟﻤﺤﺘﺎﺝ ﻓﻲ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻤﻨﻬﺎﺝ 1/260 : ﻭﻟﻮ ﺩﺧﻞ ﺷﺨﺺ ﻓﺮﺝ ﺍﻣﺮﺃﺓ ﻭﺟﺐ ﻋﻠﻴﻬﻤﺎ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﻭﻟﻮ ﺃﺩﺧﻞ ﺫﻛﺮﻩ ﻓﻲ ﺫﻛﺮ ﺁﺧﺮ ﻭﺟﺐ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﻣﻨﻬﻤﺎ ﻛﻤﺎ ﺃﻓﺘﻰ ﺑﻪ ﺍﻟﺮﻣﻠﻲ ﺷﻴﺨﻨﺎ ﻭ ﻉ ﺵ ﻭﺑﺠﻴﺮﻣﻲ. ﺍﻫـ 

Dan andai ada seseorang masuk pada vagina seorang perempuan maka wajib atas keduanya untuk mandi besar. 

Dan andai ada seseorang memasukkan dzakarnya pada dzakar orang lain maka wajib atas keduanya untuk mandi besar, seperti keterangan yg telah difatwakan oleh Imam al-Ramli; Guru kami, 'Aly Syibramulsi, dan Bujairami. 

ﺍﻟﻤﻮﺳﻮﻋﺔ ﺍﻟﺸﺎﻣﻠﺔ - ﺣﺎﺷﻴﺔ ﺍﻟﺼﺎﻭﻱ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺸﺮﺡ ﺍﻟﺼﻐﻴﺮ 1/276 : ﺑﻘﻲ ﻟﻮ ﺩﺧﻞ ﺷﺨﺺ ﺑﺘﻤﺎﻣﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﻔﺮﺝ ؛ ﻓﻼ ﻧﺺ ﻋﻨﺪﻧﺎ . ﻭﻗﺎﻟﺖ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ : ﺇﻥ ﺑﺪﺃ ﻓﻲ ﺍﻟﺪﺧﻮﻝ ﺑﺬﻛﺮﻩ ﺍﻏﺘﺴﻞ ، ﻭﺇﻻ ﻓﻼ ﻛﺄﻧﻬﻢ ﺭﺃﻭﻩ ﻛﺎﻟﺘﻐﻴﻴﺐ ﻓﻲ ﺍﻟﻬﻮﻱ . ﻭﻳﻔﺮﺽ ﺫﻟﻚ ﻓﻲ ﺍﻟﻔﻴﻠﺔ ﻭﺩﻭﺍﺏ ﺍﻟﺒﺤﺮ ﺍﻟﻬﺎﺋﻠﺔ . 

Pembahasan tersisa; Andai ada seseorang masuk ke dalam sebuah vagina maka kami tidak mendapati keterangannya (dalam madzhab kami; Malikiyyah). Dan kalangan Syafi'iyyah berpendapat : Apabila dia memulai masuk dg dzakarnya maka harus mandi, dan bila tidak demikian maka tidak wajib mandi. 

Sepertinya mereka melihat hal itu sebagaimana dalam permasalahan masuk ke kolong udara. Hal demikian dapat digambarkan dalam bentuk (kemaluan) gajah yg sangat besar dan hewan laut yg amat besar sekali

link dokumen :

https://www.facebook.com/.../kasarung/doc/622284977796244/

Sumber Tanya Jawab : https://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/606743626063663/?comment_id=607458035992222&notif_t=like

HUKUM BERSENTUHAN DENGAN KHUNTSA MUSYKIL

Oleh : Kakek Jhosy 

Hukum bersentuhan antara laki2 dan perempuan dengan Khunsta Musykil

Jawaban :


Khunsta musykil maka bersentuhan dengan mereka tidak batal wudhunya karena ada kemungkinan kesamaan jenis antara banci tersebut dengan pria atau wanita yang menyentuh . . . . 


Referensi
المجموع - محيى الدين النووي - ج ٢ - الصفحة ٣٤
لو لمس الخنثى المشكل بشرة خنثى مشكل أو لمس رجل أو امرأة بدن المشكل أو لمس المشكل بدنهما ، لم ينتقض للاحتمال ، فلو لمس المشكل بشرة رجل وامرأة انتقض هو لأنه لمس من يخالفه ولا ينتقض الرجل ولا المرأة للشك ، وكذا لو لمساه لم ينتقض واحد منهما للشك . وفي انتقاض الخنثى القولان في الملموس ، فلو اقتدت المرأة بهذا الرجل لم تصح صلاتها لأنها إن لم تكن محدثة فإمامها محدث 

Referensi
الحاوي الكبير صفحة ١٨١ 
لو لمس رجل ) بدن خنثى مشكل فلا وضوء عليه لجواز أن يكون الخنثى رجلا والوضوء لا يلزمه بالشك وهكذا لو لمس خنثى مشكل بدن امرأة لم يلزمه الوضوء لجواز أن يكون امرأة ، وهكذا لو لمس خنثى مشكل بدن خنثى مشكل لم يلزمه الوضوء لجواز أن يكونا امرأتين أو رجلين

Referensi
الفقه على مذاهب الأربعة. الجز ١ الصفحة ٥١
ولا تنقض الوضوء لمس أنثى لمثلها , ولا خنثى لخنثى او لرجل , أو لامرأة.

HUKUM MENGGANTI NAMA ANAK


Ifas Irama
Assalamu'alaikum...?mau tanya pak ustadz...?di madura kok dh biasa kl anak kecil, kl sakit"an trs katanya hrs d ganti nama aja, apakah memang dlm syari'ah bgtu atau kata" pak dukun aja pak ustadz..?mhn penjelasannya. Wassalam...?


Jawaban :  
Kakek Jhosy >>> Diperbolehkan mengganti nama .dan juga sunnah mengganti yang lebih baik dari nama sebelumnya


Referensi    
الموسوعة الفقهية الكويتية الجزء الأول الصفحة ٤١٢٣   
يجوز تغيير الاسم عموماً ويسنّ تحسينه ، ويسنّ تغيير الاسم القبيح إلى الحسن ، فقد أخرج أبو داود في سننه عن أبي الدّرداء رضي الله عنه قال : قال رسول اللّه صلى الله عليه وسلم : إنّكم تدعون يوم القيامة بأسمائكم وأسماء آبائكم فأحسنوا أسماءكم «. وأخرج مسلم في صحيحه عن ابن عمر رضي الله عنهم : » أنّ ابنةً لعمر رضي الله عنه كانت يقال لها : عاصية ، فسمّاها رسول اللّه صلى الله عليه وسلم جميلةً «. وأخرج البخاريّ في صحيحه عن عبد الحميد بن جبير بن شيبة قال : » جلست إلى سعيد بن المسيّب فحدّثني أنّ جدّه « حزناً » قدم على النّبيّ صلى الله عليه وسلم فقال : ما اسمك ؟ قال : اسمي حَزَن ، قال : بل أنت سهل ، قال : ما أنا بمغيّر اسماً سمّانيه أبي. قال ابن المسيّب : فما زالت فينا الحزونة بعد « وقد » غيّر النّبيّ صلى الله عليه وسلم الاسم الّذي يدلّ على التّزكية إلى غيره ، فقد غيّر اسم برّة إلى جويرية أو زينب «. وقال أبو داود : » وغيّر النّبيّ صلى الله عليه وسلم اسم العاص وعزيز وعتلة وشيطان والحكم وغراب وحبّاب وشهاب فسمّاه : هشاماً ، وسمّى حرباً : سلماً ، وسمّى المضطجع : المنبعث ، وأرضاً تسمّى عفرةً سمّاها : خضرةً ، وشعب الضّلالة سمّاه : شعب الهدى ، وبنو الزّنية سمّاهم : بني الرّشدة ، وسمّى بني مغويّة : بني رشدة «. هذا والفقهاء لا يختلفون في جواز تغيير الاسم إلى اسم آخر ، وفي أنّ تغيير الاسم القبيح إلى الحسن هو من الأمور المطلوبة الّتي حثّ عليها الشّرع. وأجاز الحنابلة التّسمية بأكثر من اسم

Sumber Tanya Jawab : https://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/604408789630480/?comment_id=604530929618266&notif_t=like

HUKUM MENGIDOLAKAN NON MUSLIM

Doel Bocha Semprul
Assalamu'alaikum
Apa? Dosa Kalau Aku Mengefans/Mengeidolai Seseorang Yang Selain Agama Islam ? #AR'ROIS

Jawaban :  
Taufieq FJ  >>> Wa'alaikum salam 

Kalau pengidolaannya berhubungan dengan keyakinan, aqidah dan kemaksiatannya maka tidak boleh tapi bila tidak berhubungan dengan itu semua maka tidak apa-apa.

إسعاد الرفيق الجزء الثاني صـ 50 
ومنها الفرح بالمعصية والرضا بها سواء صدرت منه أو صدرت من غيره من خلق الله لأن الرضا بالمعصية معصية بل هو من الكبائر كما في الزواجر

واحذر مصاحبة الأشرار والحمقـى والحاسدين ومن يلوي على الشغـب
لما امر الناظم فيما امر بمصاحبة الاخيار وانتخابهم حذرا ايضا منمصاحبة الاخيار لما فيها من الضرر الدنيوي والاخروي لان مشا هدتهم تهون الشر علي القلب وتبطل نفوره عنه والطبع مجبول علي التشبه والاقتداء بالمجالس والمصاحب

Hindarilah pergaulan dengan orang-orang yang berakhlak buruk, orang dungu, ahli hasut dan orang-orang yang gemar membikin kericuhan

Setelah Kyai nadzim menganjurkan bergaul dan memilih bersahabat dengan orang-orang yang berbudi pekeri baik, beliau melarang untuk bergaul dengan orang-orang yang berbudi jelek karena pergaulan akan mendatangkan efek negative baik dari segi duniawi maupun ukhrawi sebab melihat salut mereka (saja) memudahkan kejelekan ada dalam hati dan membuat hati sulit menghindar darinya, “tabiat manusia selalu cenderung ingin menyerupai dan mengikuti terhadap teman bergaul”

‘Ilaaj Al-Amroodh ar-Rodiyyah Bi Syar’I al-wasyiyyah al-Hadaadiyyah 214

Sumber Tanya Jawab : https://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/permalink/606365332768159/?comment_id=606401266097899&offset=0&total_comments=4

Minggu, 22 Desember 2013

HUKUM AIR YANG KELUAR DARI TELINGA

Sigantenxlaleum Ageunx Huap
assalamu . . . . . . . Langsung ajj, aku mau taya gimana hukum y cairan yg keluar dri telinga. Sebelum y makash


Jawaban 
Raden Madura BlogSpot >>> wa'alaikum salam 

bila cairan yang keluar dari telinga berbau dan berwarna seperti nanah maka hukumnya najis, bila tidak bau maka suci, karena disamakan dengan keringat.

kalau berbau tetap najis, karena sudah berubah.

Dalam fiqih air yang keluar dari telinga adalah " ma'u nathofin " dan najis bila berubah, bau atau berwarna.

( والصديد ) بالجر عطف على القيح او على الروث فهو نجس (قوله وهو ) اي الصديد ماء رقيق اي ليس بثخين ( قوله وكذ ماء الح ) ومثل الصديد ماء جرح وماء جدري وماء نطف ان تغير فهو نجس ( قوله والا ) اي ان لم تغير فماءها طاهر 

وعبارة شرح الروض فإن لم تغير فماء القرح فطاهر كالعرق حلاف للرافعي 

اعانة الطالبين 1/101

Rabu, 18 Desember 2013

HUKUM MENGUCAPKAN SALAM KEPADA JAMA'AH (ORANG NGUMPUL) DAN HUKUM MENGUCAPKAN SALAM KEPADA KUBURAN ORANG KAFIR

Raden Madura BlogSpot >>> 
bismillah 
assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh

kronologi masalah.....

ada dua seorang sahabat lagi berbincang bincang di rumah nya .. sebut saja namana denmas Ardi Dhoank Ajach dan sahabat nya datang sebut saja namanya Den bagus Dimas Wawan Brawijaya lalu dan ada nenk Syifa Ramadhany Forza Juventini nganterin kopi hihihii . lalu ada Kakek Jhosy datang mengocapkan salam (assalamu'alaikum di tujukan kepada denmas Ardi Dhoank Ajach saja tap denmas ARDI tidak menjawab salam tersebut karna sudah di jawab oleh Den DIMAS WAWAN BRAWIJAYA

PERTANYA'ANYA....
masih wajib kah Denmas ARDI DHOANK AJACH Dan NEnk SYIFA RAMADHANI JUVENITY menjawab salam yang di tujukan hanya pada denmas ARDI Tadi....?

2.. bolehkah memberi salam di pemakaman orkis (kuburan orang kapir) .....?



JAWABAN   
Kakek Jhosy >>> Wa'alaikum salam wr wb

Memberi salam adalah sunnah yang dianjurkan (sunnah), bukan wajib. Dan menjawab salam adalah wajib . Apabila yang mengucapkan salam ada beberapa orang, maka pemberian salam oleh salah seorang dari mereka sudah cukup. Andai kata semuanya mengucapkan salam, maka lebih baik . jika ada sekelompok yang menjawab semuanya maka itu fardlu kifaya dan lebih afdlol.Bila yang menjawab salam diantara sala satunya dari sekelompok jama'ah . maka gugurlah kewajiban bagi yang lainya ?



Referensi   
مسلم بشرح النووي ج ٧ ص ٣٩٤   
قال الإمام النووي 
اِبْتِدَاء السَّلَام سُنَّة، وَرَدّه وَاجِب، فَإِنْ كَانَ الْمُسْلِم جَمَاعَة فَهُوَ سُنَّة كِفَايَة فِي حَقّهمْ، إِذَا سَلَّمَ بَعْضهمْ حَصَلَتْ سُنَّة السَّلَام فِي حَقّ جَمِيعهمْ، فَإِنْ كَانَ الْمُسْلِم عَلَيْهِ وَاحِدًا تَعَيَّنَ عَلَيْهِ الرَّدّ، وَإِنْ كَانُوا جَمَاعَة كَانَ الرَّدّ فَرْض كِفَايَة فِي حَقّهمْ، فَإِذَا رَدّ وَاحِد مِنْهُمْ سَقَطَ الْحَرَج عَنْ الْبَاقِينَ، وَالْأَفْضَل أَنْ يَبْتَدِئ الْجَمِيع بِالسَّلَامِ، وَأَنْ يَرُدّ الْجَمِيع


Referensi   
الجامع لأحكام القرآن للقرطبي   
يرد الواحد عن الجماعة وينوب عن الباقين كفروض الكفاية.


Kakek Jhosy >>> Dan yang ke 2 Yaitu 

Bagian Pak Wesqie

Referensi   
كشاف القناع ج ٢ ص ١٧٤    
وتباح) الزيارة (لقبر كافر) والوقوف عند قبره ، كزيارته . قال فى شرح المنتهى وغيره : لزيارته قبر أمه . وكان بعد الفتح وأما قوله تعالى : (ولا تقم علي قبره) فإنما نزلت بسبب عبد الله بن أبي فى آخر التاسعة ، علي أن المراد عند أكثر المفسرين : القيام للدعاء والاستغفار . (ولا يسلم) من زار قبر كافر (عليه) كالحي (بل يقول) الزائر لكافر (له : أبشر بالنار) فى استعمال البشارة تهكم به ، علي حدة قوله تعالى » ذق إنك أنت العزيز الكريم " السورة الدخان "


Wesqie >>> 2- tidak boleh mengucapkan salam pada pekuburannya org kafir seperti halnya tdk d perbolehkan mengucapkan salam pada org kafir yg msh hidup, numun ucapkanlah ABSYIR BINNARI


Link Asal : https://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/595123817225644/?comment_id=595159873888705&notif_t=like

SEPUTAR ASURANSI

Aris Paryadi >>>  Assalamualaikum warrohmatullohi wabarokatuh...Shabat fiqih aris mau tanya ttg #asuransi...dlm pndangan fiqih islam....sblmnx terimakasih.

Jawaban    
Raden Madura BlogSpot >>> Haram hukumnya karena dalam system penjaminan tersebut mengandung unsur gharar (ketidak jelasan) dan unsur qimar (ketidak pastian).

الأم الجزء الثالث ص: 64

قال): فأما الرجل يقول للرجل وعنده صبرة تمر له أضمن لك هذه الصبرة بعشرين صاعا فإن زادت على عشرين صاعا فلي فإن كانت عشرين فهي لك وإن نقصت من عشرين فعلي إتمام عشرين صاعا لك فهذا لا يحل من قبل أنه من أكل المال بالباطل الذي وصفت قبل هذا وهذا بالمخاطرة والقمار أشبه وليس من معنى المزابنة بسبيل ليس المزابنة إلا ما وصفت لا تجاوزهتكملة المجموع للمطيعي الجزء الثالث عشر ص: 253-255

قرر مجلس المجمع الفقهى بالإجماع عدا فضيلة الشيخ مصطفى الرزاق تحريم التأمين بجميع أنواعه سواء كان على النفس أو البضائع التجارية أو غير ذلك للأدلة الأتية :أولا: عقد التأمين التجارى من عقود المعاوضات المالية الاجتماعية المشتملة للغرر الفاخش لأن المستأمن من لا يستطيع أن يعرف وقت العقد مقدار ما يعطى أو يأخذ فقد يدفع قسطا أو قسطين ثم تقبع الكارثة أصلا فيدفع الأقساط ولا يأخذ شيئا وكذلك المؤمن لا يستطيع أن يحدد ما يعطى ويأخذ بالنسبة لكل عقد بمفرده وقد ورد فى الحديث الصحيح عن النبي صلى الله عليه وسلم النهي عن بيع الغررالثانى عقد التأمين التجارى ضرب من ضروب المقامرة لما فيه من المخاطرة فى معاوضات مالية ومن العزم بلا جناية أو تسبب فيها ومن الغنم بلا مقابل أو مقابل غير مكافئ فإن النستأمن قد يدفع قسطا من التأمين ثم يقع الحادث فيغرم المؤمن كل مبلغ التأمين وقد لا يقع الخطر ومع ذلك يغنم المؤمن أقساط التأمين بلا مقابل وذا استكمت فيه الجهالة كان قمارا ودخل فى عموم النهي عن الميسر فى قوله تعالى " ياأيها الذين آمنوا إنما الخمر والميسر والأنصاب ةالأزلام رجس من عمل الشيطان فاجتنبوه لعلكم تفلحون " والآية بعدهاالثالث عقد التأمين التجارى يشتمل على ربا الفضل والنساء فإن الشركة إذا دفعت للمستأمن أو لورثته للمستفيد أكثر مما دفعه من النقود لها فهو ربافضل والمؤمن يدفع ذلك للمستأمن بعد مدة فيكون ربا نساء وإذا دفعت الشركة للمستأمن مثل ما دفعه لها يكون ربا فضل فقط وكلاهما محرم بالنص والإجماعالرابع عقد التأمين التجارى من الرهان المحرم لأن كلا منهما فيه جهالة وغرر ومقامرة ولم يبح الشرع من الرهان إلا ما فيه نصرة للإسلام وظهور لأعلامه بالحجة والسنان وقد حصر النبي صلى الله عليه وسلم رخصة الرهان بعوض فى ثلاثة بقوله صلى الله عليه وسلم " لا سبق إلا فى خف أو حافر أو نصل " وليس التأمين من ذلك ولا شبيها به فكان محرماالخامس عقد التأمين التجارى فيه أخذ مال الغير بلا مقابل وأخذ بلا مقابل فى عقود المعاوضات التجارية محرم لدخوله فى عموم النهي فى قوله تعالى" ياأيها الذين آمنوا لا تأكلوا أموالكم بالباطل إلا أت تكون عن تراض منكمالسادس فى عقد التأمين التجارى الإلزام بما يلزم شرعا فإن المؤمن لم يحدث الخطر منه ولم يتسبب فى حدوثه وإنما كان منه مجرد التعاقد مع المستأمن على ضمان الخطر على تقدير وقوعه مقابل مبلغ يدفعه المستأمن له والمؤمن لم يبذل عملا للمستأمن فكان حراما

وأما ما استدل به المبيحون للتأمين التجاري مطلقا أو فى بعض أنواعه فالجواب عنه ما يلى –أ- الاستدلال بالاتصلاح غير صحيح فإن المصالح فى الشريعة الإسلامية ثلاثة أقسام قسم شهد الشرع باعتباره فهو حجة وقسم سكت الشرع عنه فلم يشهد له بإلغاء ولا اعتبار فهو مصلحة مرسلة وهذا محل اجتهاد المجتهدين والقسم الثالث شهد الشرع بإلغائه وعقود التأمين التجارى فيها جهالة وغرر وقمار وربا فكانت مما شهد الشرع بإلغائه لغلبة جانب المفسدة فيه على جانب المصلحة

BISA HALAL Apabila asuransi jiwa tersebut mengandung unsure saving (tabungan)

Pada waktu menyerahkan uang premi, pihak tertanggung berniat untuk menabung untungnya pada pihak penanggung (perusahaan asuransi). Pihak penanggung berniat menyimpan uang tabungan milik pihak tertanggung dengan cara-cara yang dibenarkan/dihalalkan oleh syariat agama Islam.

Apabila sebelum jatuh tempo yang telah disepakati bersama antara pihak tertanggung dan pihak penanggung seperti yang telah disebutkan dalam polis (surat perjanjian), ternyata pihak penanggung tersebut sangat memerlukan (keperluan yang bersifat darurat) uang tabungannya, maka pihak tertanggung dapat mengambil atau menarik kembali sejumlah uang simpanannya, dari pihak penanggung dan pihak penanggung berkewajiban menyerahkan sejumlah uang tersebut kepadanya. Apabila pada suatu ketika pihak tertanggung terpaksa tidak dapat membayar uang premi, maka:Uang premi tersebut menjadi utang yang dapat diangsur oleh pihak tertanggung pada waktu-waktu permbayaran uang premi berikutnya. Hubungan antara pihak tertanggung dan pihak penanggung dinyatakan tidak putus. Uang tabungan milik tertanggung tidak dinyatakan hangus oleh pihak penanggung. Apabila sebelum jatuh tempo pihak tertanggung meninggal dunia, maka ahli warisnya berhak untuk mengambil sejumlah uang simpanannya, sedang pihak penanggung berkewajiban mengembalikan sejumlah uang tersebut.Dari penjelasan di atas, bisa dipahami bahwa prinsip muamalah/transaksi dalam Islam itu menganut paham عَنْ تَرَاضٍ saling merelakan dan ketiadaan ghurur, dan penipuan.

Prinsip ‘an taroodlin atau saling merelakan itu artinya para pihak yang bertransaksi tidak ada yang dirugikan. Akad transaksinya jelas dan dapat dipahami, tidak membahasakan keterpaksaan sebagai kerelaan. Terkadang orang mau berhutang ke rentenir, dan rentenir menarik bunga dengan alasan yang berhutang rela. Kerelaan yang diakui dalam syariat adalah kerelaan yang berdasar atas tidak adanya keterpaksaan.

Andai ada dua orang yang mau meminjamkan, satu dengan bunga dan satunya tanpa bunga, kemudian kita lebih memilih yang tanpa bunga, maka sebenarnya kalaupun kita meminjam ke orang yang memberikan dengan bunga maka tidak bisa disebut rela.

Yang dimaksud ghurur adalah penipuan, semisal dalam beberapa hal nasabah tidak membayarkan kewajibannya, maka tabungannya hangus. Pihak bank atau asuransi menghanguskan harta nasabah ini dalam transaksi apa? Ini yang disebut penipuan. Setiap hal yang merugikan para pihak bisa dikatakan penipuan.

Andai untuk segera mendapatkan jaminan asuransi, seseorang membakar rumahnya dengan dalih kebakaran, maka hal ini juga bisa disebut penipuan. Begitu juga dalam asuransi jiwa. Bagaimana andai ada anak turun, ahli waris merekayasa pembunuhan nasabah untuk mendapat asuransi?
Semoga dapat dipahami.

Sumber Tanya Jawab : https://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/permalink/600289436709082/?comment_id=602919353112757&offset=0&total_comments=3