Istri Sholehah
assalamualaikum . . . . Maaf mau nanya ? Apakah benar orang perempuan tidak boleh datang ke kuburan,katanya haram . Kebanyakan kitakan setiap hari jum'at membacakan surat yasin dan datang ke kuburan,Apa hukumnya buat kaum hawa itu sendiri kalau datang ke kuburan : Makasi (Ma'assalama)
JAWABAN
Syifa Auliea >>> Ucapan At Tirmidzi Ketika izin ziarah kubur beliau berikan, maka kebolehan berziarah kubur itu berlaku baik bagi laki-laki maupun perempuan”. Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan: “Ini adalah pendapat mayoritas Ulama dengan ketentuan wanita itu aman dari fitnah. Kebolehan wanita Ziarah kubur itu diperkuat oleh Hadis bersumber dari Anas (diriwayatkan Al Bukhari, pen) yang menyebutkan bahwa suatu ketika Nabi Muhammad SAW melewati seorang wanita yang sedang menangis di kuburan. Nabi SAW bersabda: “Bertaqwalah kepada Allah dan bersabarlah
Referensi : Tuhfatul Ahwadzi Juz 3 halaman 504
قَوْلُهُ : ( فَلَمَّا رَخَّصَ دَخَلَ فِي رُخْصَتِهِ الرِّجَالُ وَالنِّسَاءُ ) قَالَ الْحَافِظُ اِبْنُ حَجَرٍ : وَهُوَ قَوْلُ الْأَكْثَرِ وَمَحَلُّهُ مَا إِذَا أُمِنَتْ الْفِتْنَةُ . وَيُؤَيِّدُ الْجَوَازَ حَدِيثُ أَنَسٍ قَالَ : مَرَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِامْرَأَةٍ تَبْكِي عِنْدَ قَبْرٍ فَقَالَ : " اِتَّقِي اللَّهَ وَاصْبِرِي إِلَخْ "
***************
Syifa Auliea >>> Sebagian ahli ilmu berpendapat larangan Ziarah Kubur bagi kaum wanita ini adalah sebelum Nabi Muhammad SAW memberikan dispensasi untuk Ziarah kubur. Ketika izin ziarah kubur beliau berikan, maka kebolehan berziarah kubur itu berlaku baik bagi laki-laki maupun perempuan. Sebagian lain berpendapat bahwa dimakruhkannya kaum wanita ziarah kubur adalah karena kurangnya kesabaran serta banyaknya keluh kesah
Referensi : Lihat Sunan At Tirmidzi Juz 3 halaman 372
وَقَدْ رَأَى بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ أَنَّ هَذَا كَانَ قَبْلَ أَنْ يُرَخِّصَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- فِى زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَلَمَّا رَخَّصَ دَخَلَ فِى رُخْصَتِهِ الرِّجَالُ وَالنِّسَاءُ. وَقَالَ بَعْضُهُمْ إِنَّمَا كُرِهَ زِيَارَةُ الْقُبُورِ لِلنِّسَاءِ لِقِلَّةِ صَبْرِهِنَّ وَكَثْرَةِ جَزَعِهِنَّ
Kakek Jhosy >>> Wa'alaikum salam
Nyumbang kotak-kotak aja
Referensi
كتاب الشرواني ج ٣ ص ٢٠٠
وتكره) للخناثى و (للنساء) مطلقا خشية الفتنة ورفع أصواتهن بالبكاء نعم تسن لهن زيارته صلى الله عليه وسلم. قال بعضهم وكذا سائر الأنبياء والعلماء والأولياء. قال الأذرعي إن صح فأقاربها أولى بالصلة من الصالحين إلخ
Referensi
كتاب مذاهب الأربعة ج ٢ ص ١٤٠
وكما تندب زيارة القبور للرجال تندب أيضاً للنساء العجائز اللاتي لا يخشى منهن الفتنة إن لم تؤد زيارتهن إلى ندب أو النياحة، وإلا كانت محرمة. أما النساء التي يخشى منهن الفتنة، ويترتب على خروجهن لزيارة القبور مفاسد، كما هو الغالب على نساء هذا الزمان، فخروجهن للزيارة حرام، باتفاق الحنفية، والمالكية، أما الحنابلة والشافعية قالوا: يكره خروج النساء لزيارة القبور مطلقاً، سواء كن عجائز أو شواب إلا إذا علم أن خروجهن يؤدي إلى فتنة أو وقوع محرم. وإلا كانت الزيارة محرمة
Wes Qie >>> MADZAAHIBUL ARBA'AH 2/140
seperti halnya di sunnat kannya ziaroh kubur bagi seorang laki laki, juga di sunahkan ziaroh kubur bagi perempuan yg tua renta yg tidak d hawatirkan terjadinya fitnah, dg catatan tidak mendatangkan kegalauan yg sangat dan niahah(sambat"). Dan boleh bagi perempuan yg masih muda jika di sertai mahromnya. Sedangkan bagi perempuan yg masih muda yg dhawatirkan terjadinya fitnah seperti halny perempuan d zaman sekarang yang berziaroh yg berdampak negatif maka berziaroh kubur hukumnya haram dg kesepakatan malikiah dan hanafiyyah. Kalangan hanabilah dan syafiiyyah mereka berpendapat bahwasa berziaroh kubur bagi wanita yg tua ataupun yg muda hukumnya makruh jika d ketahui akan terjadi fitnah atau menyebabkan pada perkara yg di haromkan kecuali d sertai mahrom.
Link Asal : https://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/permalink/498990820172278/?comment_id=499023926835634&offset=0&total_comments=7
assalamualaikum . . . . Maaf mau nanya ? Apakah benar orang perempuan tidak boleh datang ke kuburan,katanya haram . Kebanyakan kitakan setiap hari jum'at membacakan surat yasin dan datang ke kuburan,Apa hukumnya buat kaum hawa itu sendiri kalau datang ke kuburan : Makasi (Ma'assalama)
JAWABAN
Syifa Auliea >>> Ucapan At Tirmidzi Ketika izin ziarah kubur beliau berikan, maka kebolehan berziarah kubur itu berlaku baik bagi laki-laki maupun perempuan”. Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan: “Ini adalah pendapat mayoritas Ulama dengan ketentuan wanita itu aman dari fitnah. Kebolehan wanita Ziarah kubur itu diperkuat oleh Hadis bersumber dari Anas (diriwayatkan Al Bukhari, pen) yang menyebutkan bahwa suatu ketika Nabi Muhammad SAW melewati seorang wanita yang sedang menangis di kuburan. Nabi SAW bersabda: “Bertaqwalah kepada Allah dan bersabarlah
Referensi : Tuhfatul Ahwadzi Juz 3 halaman 504
قَوْلُهُ : ( فَلَمَّا رَخَّصَ دَخَلَ فِي رُخْصَتِهِ الرِّجَالُ وَالنِّسَاءُ ) قَالَ الْحَافِظُ اِبْنُ حَجَرٍ : وَهُوَ قَوْلُ الْأَكْثَرِ وَمَحَلُّهُ مَا إِذَا أُمِنَتْ الْفِتْنَةُ . وَيُؤَيِّدُ الْجَوَازَ حَدِيثُ أَنَسٍ قَالَ : مَرَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِامْرَأَةٍ تَبْكِي عِنْدَ قَبْرٍ فَقَالَ : " اِتَّقِي اللَّهَ وَاصْبِرِي إِلَخْ "
***************
Syifa Auliea >>> Sebagian ahli ilmu berpendapat larangan Ziarah Kubur bagi kaum wanita ini adalah sebelum Nabi Muhammad SAW memberikan dispensasi untuk Ziarah kubur. Ketika izin ziarah kubur beliau berikan, maka kebolehan berziarah kubur itu berlaku baik bagi laki-laki maupun perempuan. Sebagian lain berpendapat bahwa dimakruhkannya kaum wanita ziarah kubur adalah karena kurangnya kesabaran serta banyaknya keluh kesah
Referensi : Lihat Sunan At Tirmidzi Juz 3 halaman 372
وَقَدْ رَأَى بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ أَنَّ هَذَا كَانَ قَبْلَ أَنْ يُرَخِّصَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- فِى زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَلَمَّا رَخَّصَ دَخَلَ فِى رُخْصَتِهِ الرِّجَالُ وَالنِّسَاءُ. وَقَالَ بَعْضُهُمْ إِنَّمَا كُرِهَ زِيَارَةُ الْقُبُورِ لِلنِّسَاءِ لِقِلَّةِ صَبْرِهِنَّ وَكَثْرَةِ جَزَعِهِنَّ
Kakek Jhosy >>> Wa'alaikum salam
Nyumbang kotak-kotak aja
Referensi
كتاب الشرواني ج ٣ ص ٢٠٠
وتكره) للخناثى و (للنساء) مطلقا خشية الفتنة ورفع أصواتهن بالبكاء نعم تسن لهن زيارته صلى الله عليه وسلم. قال بعضهم وكذا سائر الأنبياء والعلماء والأولياء. قال الأذرعي إن صح فأقاربها أولى بالصلة من الصالحين إلخ
Referensi
كتاب مذاهب الأربعة ج ٢ ص ١٤٠
وكما تندب زيارة القبور للرجال تندب أيضاً للنساء العجائز اللاتي لا يخشى منهن الفتنة إن لم تؤد زيارتهن إلى ندب أو النياحة، وإلا كانت محرمة. أما النساء التي يخشى منهن الفتنة، ويترتب على خروجهن لزيارة القبور مفاسد، كما هو الغالب على نساء هذا الزمان، فخروجهن للزيارة حرام، باتفاق الحنفية، والمالكية، أما الحنابلة والشافعية قالوا: يكره خروج النساء لزيارة القبور مطلقاً، سواء كن عجائز أو شواب إلا إذا علم أن خروجهن يؤدي إلى فتنة أو وقوع محرم. وإلا كانت الزيارة محرمة
Wes Qie >>> MADZAAHIBUL ARBA'AH 2/140
seperti halnya di sunnat kannya ziaroh kubur bagi seorang laki laki, juga di sunahkan ziaroh kubur bagi perempuan yg tua renta yg tidak d hawatirkan terjadinya fitnah, dg catatan tidak mendatangkan kegalauan yg sangat dan niahah(sambat"). Dan boleh bagi perempuan yg masih muda jika di sertai mahromnya. Sedangkan bagi perempuan yg masih muda yg dhawatirkan terjadinya fitnah seperti halny perempuan d zaman sekarang yang berziaroh yg berdampak negatif maka berziaroh kubur hukumnya haram dg kesepakatan malikiah dan hanafiyyah. Kalangan hanabilah dan syafiiyyah mereka berpendapat bahwasa berziaroh kubur bagi wanita yg tua ataupun yg muda hukumnya makruh jika d ketahui akan terjadi fitnah atau menyebabkan pada perkara yg di haromkan kecuali d sertai mahrom.
Link Asal : https://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/permalink/498990820172278/?comment_id=499023926835634&offset=0&total_comments=7
Tidak ada komentar:
Posting Komentar