Penoz Wez Ora Djeloh >>>
Asslammualaikum wr wb
Apa hukumnya berbohong demi kebaikan?
JAWABAN
Wes Qie >>> فتح المعين بشرح قرة العين مع حاشية مع اعانة الطالبين ج 3 ص 246
فائدة) الكذب حَرام، وقد يجب: كما إذا سأل ظالِم عن وديَعة يريدُ أخْذها فيَجِبُ إنْكارَها وإن كَذَب، قوله: وقد يجب الخ) قال في الإحياء، والضابط في ذلك أن كل مقصود محمود يمكن التوصل إليه بالصدق والكذب جميعاً، فالكذب فيه حرام أو بالكذب وحده فمباح إن أبيح تحصيل ذلك المقصود. وواجب إن وجب، كما لو رأى معصوماً اختفى من ظالم يريد قتله أو إيذاءه لوجوب عصمة دمه أو سأله ظالم عن وديعة يريد أخذها فإِنه يجب عليه إنكارها، وإن كذب، بل لو استحلف لزمه الحلف، ويوري، وإلا حنث، ولزمته الكفارة، وإذا لم يتم مقصود حرب أو إصلاح ذات البين أو استمالة قبل مجنى عليه إلا بكذب أبيح، ولو سأله سلطان عن فاحشة وقعت منه سراً، كزنا وشرب خمر، فله أن يكذب ويقول ما فعلت، وله أن ينكر سرّ أخيه
Berbohong hukumnya hara dan terkadang menjadi wajib sbgmna org dholim menanyakan brg titipan yg ingin di ambil, maka ia wajib mengingkarinya walaupun dg cara berbohong.
Imam ghozali berkata di dalam kitab ihyaknya : batasan di dlm berbohong adl sbg berikut
1. Setiap tujuan yg terpuji yg msh di mungkinkan smpai kpdnya dg cara jujur dan brbhg dg cara bersamaan maka brbhg dlm hal tsb adl haram
2. Jika tujuan yg trpuji tdk dpt di peroleh kcuali dg cr brbhg maka brbhg d dlm ke adaan tsb adl mubah
3. Jika menghslkan tujuan yg trpuji hukumnya wajib, maka hukumnya berbohong juga wajib, sbgmana seseorg melihat org yg ma'sum brsembunyi dr org yg dholim yg ingin membunuh atau menyakitinya, krn darahnya org yg ma'sum wajib d jaga. Atau di tanya org dholim tentang brg titipan yg ingin d ambil, maka ia wajib mengingkarinya wlopun dg cara brbhg, bahkan jika ia d minta bersumpah maka ia jg wajib bersumpah dan bertauriyah. Apabila tidak bertauriya maka ia d anggap melanggar sumpahnya, dan ia jg wajib membayar kafarot sumpah. Dan ketika tujuan peperangan atau mendamaikan org yg brsengketa atau menenangkan hati org yg menjadi korban kejahatan tidak bisa hasil kecuali dg cara brbhg, maka mrbhg dlm keadaan tsb di perbolehkan. Ketika sese6rg d tanya oleh pemimpin tntg prbuatan keji yg ia lakukan seperti zina atau minum arak sbr rhsia, maka id dprblhkan brbhg dg mengatakan "saya tidak melakukan" dan jg dperbolehkan menyembunyikan rhs saudaranya
Link Asal : https://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/permalink/503334639737896/
Asslammualaikum wr wb
Apa hukumnya berbohong demi kebaikan?
JAWABAN
Wes Qie >>> فتح المعين بشرح قرة العين مع حاشية مع اعانة الطالبين ج 3 ص 246
فائدة) الكذب حَرام، وقد يجب: كما إذا سأل ظالِم عن وديَعة يريدُ أخْذها فيَجِبُ إنْكارَها وإن كَذَب، قوله: وقد يجب الخ) قال في الإحياء، والضابط في ذلك أن كل مقصود محمود يمكن التوصل إليه بالصدق والكذب جميعاً، فالكذب فيه حرام أو بالكذب وحده فمباح إن أبيح تحصيل ذلك المقصود. وواجب إن وجب، كما لو رأى معصوماً اختفى من ظالم يريد قتله أو إيذاءه لوجوب عصمة دمه أو سأله ظالم عن وديعة يريد أخذها فإِنه يجب عليه إنكارها، وإن كذب، بل لو استحلف لزمه الحلف، ويوري، وإلا حنث، ولزمته الكفارة، وإذا لم يتم مقصود حرب أو إصلاح ذات البين أو استمالة قبل مجنى عليه إلا بكذب أبيح، ولو سأله سلطان عن فاحشة وقعت منه سراً، كزنا وشرب خمر، فله أن يكذب ويقول ما فعلت، وله أن ينكر سرّ أخيه
Berbohong hukumnya hara dan terkadang menjadi wajib sbgmna org dholim menanyakan brg titipan yg ingin di ambil, maka ia wajib mengingkarinya walaupun dg cara berbohong.
Imam ghozali berkata di dalam kitab ihyaknya : batasan di dlm berbohong adl sbg berikut
1. Setiap tujuan yg terpuji yg msh di mungkinkan smpai kpdnya dg cara jujur dan brbhg dg cara bersamaan maka brbhg dlm hal tsb adl haram
2. Jika tujuan yg trpuji tdk dpt di peroleh kcuali dg cr brbhg maka brbhg d dlm ke adaan tsb adl mubah
3. Jika menghslkan tujuan yg trpuji hukumnya wajib, maka hukumnya berbohong juga wajib, sbgmana seseorg melihat org yg ma'sum brsembunyi dr org yg dholim yg ingin membunuh atau menyakitinya, krn darahnya org yg ma'sum wajib d jaga. Atau di tanya org dholim tentang brg titipan yg ingin d ambil, maka ia wajib mengingkarinya wlopun dg cara brbhg, bahkan jika ia d minta bersumpah maka ia jg wajib bersumpah dan bertauriyah. Apabila tidak bertauriya maka ia d anggap melanggar sumpahnya, dan ia jg wajib membayar kafarot sumpah. Dan ketika tujuan peperangan atau mendamaikan org yg brsengketa atau menenangkan hati org yg menjadi korban kejahatan tidak bisa hasil kecuali dg cara brbhg, maka mrbhg dlm keadaan tsb di perbolehkan. Ketika sese6rg d tanya oleh pemimpin tntg prbuatan keji yg ia lakukan seperti zina atau minum arak sbr rhsia, maka id dprblhkan brbhg dg mengatakan "saya tidak melakukan" dan jg dperbolehkan menyembunyikan rhs saudaranya
Link Asal : https://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/permalink/503334639737896/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar