Jumat, 27 Desember 2013

APAKAH WAJIB MANDI JIKA ADA ORANG SEUTUH TUBUHNYA MASUK KE DALAM FARJI

Modan Jarank Sadar Tretanz >>> 
assLamualaikum wr wb.
KLw da memek sperti Gunung *mka sya msuk apa kLuar.a wjib adus pa ngak...


Jawaban: 
Ardi Dhoank Ajach >>> Waalaikumsalam Warohmatullahi.........................

Nyombang dikit Jozzzzzzzzzz

Mang ada Farji yang kyak gitu qiqqiqiqiqiqiqiqiqiiqqi

apabila ada seseorang masuk ke dalam farji seorang wanita maka wajib bagi keduanya ( si laki-laki dan si wanita) mandi karena nyatanya masuk hasyafahnya ke farji si wanita.baik dzakar dahulu ataupun tidak.

ولو دخل شخص فرج امرأة وجب عليهما الغسل لأنه صدق عليه دخول حشفة فرجا ولا اعتبار بكونه دخل تبعا
حاشية الباجوري ج 1 ص 73 الحرمين

Namun dalam kitab karangan dari ulama madzhab maliki yaitu kitab hasyiyah as-showi karangan imam Ahmad As-showi Al-malikiy di jelaskan jika seseorang masuk dengan sempurna seluruh badanya ke dalam farji wanita maka tidak ada dalil yang menerangkanya menutrut kami yaitu madzhab malikiyah,dan ulama syafi'iyyah berpendapat:jika memulai masuknya ke dalam farji wanita dengan di dahului dzakarnya terlebih dahulu maka ia wajib mandi,namun jika ketika masuknya tidak di dahului dzakarnya terlebih dahulu maka tidak wajib mandi.sepertinya mereka ulama madzhab syafi'iyyah melihat masalah ini seperti dalam masalah masuk ke ruang udara,masalah ini dapat di misalkan pada farji gajah atau hewan-hewan laut yang besar (besar di sini besar sekali seperti paus,hiu atau lainya pokoknya besar).

لو دخل شخص بتمامه فى الفرج؛ فلا نص عندنا. وقالت الشافعية: إن بدأ فى الدخول بذكره اغتسل، وإلا فلا كأنهم رأوه كالتغييب فى الهوىّ.ويفرض ذلك فى الفيلة ودواب البحر الهائلة.

حاشية الصاوي على الشرح الصغير ج 1 ص 179 فقه المالكي المرجع الأكبر25






JAWABAN

Kakek Jhøsy 

Wa'alaikum salam

Menurut Syafi'iyyah Kalau yang dimasukan dzakarnya duluan maka wajib adus 

Referensi
حاشية الدسوقي على الشرح الكبير 
 فلو دخل الشخص بتمامه في الفرج فلا نص عندنا وقالت الشافعية إن بدأ في الدخول بذكره اغتسل وإلا فلا كأنهم رأوه كالتغييب في الهوا
Mohon Koreksinya . . . .


Brojol Gemblung  >>> 

ﺗﺤﻔﺔ ﺍﻟﻤﺤﺘﺎﺝ ﻓﻲ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻤﻨﻬﺎﺝ 1/260 : ﻭﻟﻮ ﺩﺧﻞ ﺷﺨﺺ ﻓﺮﺝ ﺍﻣﺮﺃﺓ ﻭﺟﺐ ﻋﻠﻴﻬﻤﺎ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﻭﻟﻮ ﺃﺩﺧﻞ ﺫﻛﺮﻩ ﻓﻲ ﺫﻛﺮ ﺁﺧﺮ ﻭﺟﺐ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﻣﻨﻬﻤﺎ ﻛﻤﺎ ﺃﻓﺘﻰ ﺑﻪ ﺍﻟﺮﻣﻠﻲ ﺷﻴﺨﻨﺎ ﻭ ﻉ ﺵ ﻭﺑﺠﻴﺮﻣﻲ. ﺍﻫـ 

Dan andai ada seseorang masuk pada vagina seorang perempuan maka wajib atas keduanya untuk mandi besar. 

Dan andai ada seseorang memasukkan dzakarnya pada dzakar orang lain maka wajib atas keduanya untuk mandi besar, seperti keterangan yg telah difatwakan oleh Imam al-Ramli; Guru kami, 'Aly Syibramulsi, dan Bujairami. 

ﺍﻟﻤﻮﺳﻮﻋﺔ ﺍﻟﺸﺎﻣﻠﺔ - ﺣﺎﺷﻴﺔ ﺍﻟﺼﺎﻭﻱ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺸﺮﺡ ﺍﻟﺼﻐﻴﺮ 1/276 : ﺑﻘﻲ ﻟﻮ ﺩﺧﻞ ﺷﺨﺺ ﺑﺘﻤﺎﻣﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﻔﺮﺝ ؛ ﻓﻼ ﻧﺺ ﻋﻨﺪﻧﺎ . ﻭﻗﺎﻟﺖ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ : ﺇﻥ ﺑﺪﺃ ﻓﻲ ﺍﻟﺪﺧﻮﻝ ﺑﺬﻛﺮﻩ ﺍﻏﺘﺴﻞ ، ﻭﺇﻻ ﻓﻼ ﻛﺄﻧﻬﻢ ﺭﺃﻭﻩ ﻛﺎﻟﺘﻐﻴﻴﺐ ﻓﻲ ﺍﻟﻬﻮﻱ . ﻭﻳﻔﺮﺽ ﺫﻟﻚ ﻓﻲ ﺍﻟﻔﻴﻠﺔ ﻭﺩﻭﺍﺏ ﺍﻟﺒﺤﺮ ﺍﻟﻬﺎﺋﻠﺔ . 

Pembahasan tersisa; Andai ada seseorang masuk ke dalam sebuah vagina maka kami tidak mendapati keterangannya (dalam madzhab kami; Malikiyyah). Dan kalangan Syafi'iyyah berpendapat : Apabila dia memulai masuk dg dzakarnya maka harus mandi, dan bila tidak demikian maka tidak wajib mandi. 

Sepertinya mereka melihat hal itu sebagaimana dalam permasalahan masuk ke kolong udara. Hal demikian dapat digambarkan dalam bentuk (kemaluan) gajah yg sangat besar dan hewan laut yg amat besar sekali

link dokumen :

https://www.facebook.com/.../kasarung/doc/622284977796244/

Sumber Tanya Jawab : https://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/606743626063663/?comment_id=607458035992222&notif_t=like

Tidak ada komentar:

Posting Komentar