Minggu, 03 November 2013

HUKUM WAJIBNYA ORANG BERMADZHAB

Oleh : Ifas Irama >>>   
 Assalamualaikum wr wb


 Referensi
 جمع الجوامع 
قال الجلال المحلي في شرحه جمع الجوامع و) الأصح (أنه يَجِبُ) على العامي وغيره ممن لم يبلغ رتبة الاجتهاد (التزامُ مذهبٍ معين) من مذاهب المجتهدين 


telah berfatwa syehk jalaluddin al-mahally (pembesar madzhab syafi'iyyah) dalam kitabnya syarah jam'ul jawamiadapun fatwa yang lebih sahih adalah sesungguhnya wajib bagi orang awam dan selainnya yang tidak mempunyai kemampuan ber ijtihad yaitu wajib untuk meneladani/-bertaqlid pada salah satu madzhab (yang empat )dari golongannya madzhab madzhabnya ulama yang telah menjadi mujtahid

 Referensi
 تنويرالقلوب > ومما يجب اعتقاده أن أئمة الدِّين كلهم عدول، ومن قلّد واحداً منهم نجاوالمشهور منهم: أبو حنيفة، ومالك، والشافعي، وأحمد رضي الله عنهم. وكلّهم على هدى من الله، وتقليد واحد منهم فرض .. ولا يجوز تقليد غيرهم بعد عقد الإجماع عليهم؛ لأن مذاهب الغير لم تُدوَّن، ولم تُضبَط؛ بخلاف هؤلاءومن لم يقلد واحداً منهم، وقال: أنا أعمل بالكتاب والسنة!! مدّعياً فهم الأحكام منهما، فلا يُسَلَّم له، بل هو مخطئ ضال مُضل، سيما في هذا الزمان الذي عمَّ فيه الفسق وكثرت فيه الدعوى الباطلة؛ لأنه استظهر على أئمة الدِّين وهو دونهم في العلم والعمل والعدالة والاطلاع


dari kewajiban seorang mukallaf adalah berkeyakinan bahwa sesungguhnya seluruh imam-imam madzhab agama islam ini adalah bersifat adil , dan barangsiapa mau ber taqlid ( meneladani) salah satu dari para imam... madzhab maka dia kelak bakal selamat ,adapun imam madzhab yang termasyhur dari kesemua imam madzhab itu adalah (Abu hanifah dan imam Imam Malik Dan Im Syafi'iyyah Dan Imam Achmad )dan tidak diperkenankan ( umat islam zaman akhir) bertaqlid ( mengikut) selain 4 imam madzhab di atas , setelah para ulama ber ijma' bahwa madzhab yang wajib diikuti adalah salah satu dari 4 madzhab di atas ,sedangkan tidak bolehnya mengikuti selain madzhab 4 seperti madzhab jakfary, sufyan astaury dan hasan al bashry itu dikarenakan madzhab madzhab selain madzhab 4 sejak pendirinya wafat keilmuan beliau tidak pernah dibukukan ( secara sahih ) dan tidak pernah ada patokan kesahihannya hal inilah yang membedakan antara madzhab empat dan madzhab lainnya , dan barangsiapa ( umat islam zaman akhir) tidak mau bertaqlid ( meneladani ) salah satu dari empat imam madzhab namun dia mengaku bahwa dia beragama islam hanya berpedoman al-qur'an dan al-hadist serta mengaku paling memahami kandungan hukum hukum al-qur'an dan al-hadist , maka dapat dipastikan bahwa ia tergolong seseorang yang tidak selamat bahkan orang semacam itulah yang beragama secara salah kaprah sesat dan menyesatkan , apalagi pada zaman akhir ini yang dimana-mana bertaburan kefasiqan dan banyak manusia-manusia yang mendakwahkan kebathilan . karena sesungguhnya telah menjadi nyata ( sahih) catatan sejarah nya para imam imam madzhab yang telah tercatat ( ber abad-abad) bahwasanya mereka adalah insan yang ber ilmu dan memiliki kedalaman amal dan berlandaskan sifat yang penuh keadilan dan rajin mempelajari ilmu agama 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar