Sabtu, 01 Juni 2013

HUKUM MENCIUM AL-QUR'AN

Nurah Temo Hosny
...Assalamu'alaikum wa rahmattullah.

Ana mau nanya persoalan yang Penting.

Apakah Mencium Kitab Suci Al_Qur'an itu tidak boleh?? Karna ana pernah baca di page info facebook.
Kita tidak boleh mencium al_qur'an, karna Rasulullah pun tak pernah mencium nya.,

Kenapa ya Sekarang sekarang ini banyak Pertentangan tentang agama Islam...

Bukan nya Mencium Al_Qur'an Sama hal nya kita dengan Mencintai Allah...itu kan Kitab suci yg Allah turunkan Untuk Umat ISLAM..,

Ana Sedikit Tersinggung Si Baca Berita itu,,,

Sukran Kulukum



Syifa Ramadhany Forza Juventini >>>Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokatuh

Secara umum, baik itu sesudah membaca al-qur'an atau tidak, mencium mushaf al-qur'an hukumnya mubah (boleh). Imam As-Subki menjelaskan, kebolehan mencium mushaf diqiyaskan dengan mencium hajar aswad, tangan orang yang alim, orang yang sholih dan orang tua, karena sudah maklum bahwasanya al-qur'an lebih mulia dari pada hal-hal tersebut. 

Bahkan menurut sebagian ulama' mencium mushaf hukumnya sunat, sebagaimana difatwakan oleh Syekh Ibnu Abis Shoif, pendapat ini didasarkan pada kesunatan mencium hajar aswad. Imam Nawawi dalam kitab "At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur'an" meriwayatkan ;

عَنْ ابْنِ أَبِي مُلَيْكَةَ، أَنَّ عِكْرِمَةَ بْنَ أَبِي جَهْلٍ، كَانَ يَضَعُ الْمُصْحَفَ عَلَى وَجْهِهِ وَيَقُولُ: كِتَابُ رَبِّي، كِتَابُ رَبِّي
Dari Ibnu Abi Malikah, bahwasanya Ikrimah bin Abu Jahal meletakkan mushaf pada mukanya, sambil berkata : "Kitab Tuhanku"
(Sunan Darimi, no.3393)

Imam Suyuthi dalam kitab beliau, "Al-Itqon Fi Ulumil Qur'an" menjelaskan bahwa hukum mencium al-qur'an adalah sunat berdasarkan riwayat yang menyatakan bahwa Ikrimah bin Abu Jahal rodhiyallohu 'anhu melakukannya, dan diqiyaskan pada kesunatan mencium hajar aswad. Selain itu, Al-qur'an adalah hadiah (pemberian) dari Alloh subhanahu wata'ala, maka dari itu dianjurkan untuk menciumnya sepertihalnya disunatkan untuk mencium anak kecil (yang juga merupakan karunia dari Alloh). Wallohu a'lam


Referensi
Hasyiyah As-Syarwani Ala Tuhfatul Muhtaj, Juz : 1 Hal : 155
واستدل السبكي على جواز تقبيل المصحف بالقياس على تقبيل الحجر الأسود، ويد العالم والصالح والوالد إذ من المعلوم أنه أفضل منهم اهـ

Referensi
Hasyiyah Al-Jamal Ala Syarhil Manhaj, Juz : 2 Hal : 437
قال بعضهم يؤخذ من هنا أي من سن تقبيل الحجر الأسود سن تقبيل المصحف والمنبر الشريف والقبر الشريف أيضا ومثله قبور بقية الأنبياء والصالحين وأجزاء الحديث أفتى بذلك ابن أبي الصيف من الشافعية اهـ. توشيح على الجامع الصحيح هكذا وجدته بهامش حاشية الزيادي

Referensi
At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur'an, Hal : 191
وروينا في مسند الدارمي باسناد صحيح عن ابن أبي مليكة أن عكرمة بن أبي جهل رضي الله عنه كان يضع المصحف على وجهه ويقول كتاب ربي

Referensi
Al-Itqon Fi Ulumil Qur'an, Hal : 189
فرع : يستحب تقبيل المصحف لأن عكرمة بن أبي جهل رضي الله عنه كان يفعله وبالقياس على تقبيل الحجر الأسود، ذكره بعضهم، ولأنه هدية من الله تعالى فشرع تقبيله كما يستحب تقبيل الولد الصغير

Referensi
Al-Mausu'ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah, Juz : 13 Hal : 133-134
تقبيل المصحف
ذكر الحنفية: وهو المشهور عند الحنابلة - جواز تقبيل المصحف تكريما له، وهو المذهب عند الحنابلة، وروي عن أحمد استحبابه، لما روي عن عمر رضي الله عنه أنه: كان يأخذ المصحف كل غداة ويقبله، ويقول: عهد ربي ومنشور ربي عز وجل، وكان عثمان رضي الله عنه يقبل المصحف ويمسحه على وجهه. وقال النووي في التبيان: روينا في مسند الدارمي بإسناد صحيح عن ابن أبي مليكة أن عكرمة بن أبي جهل كان يضع المصحف على وجهه ويقول: كتاب ربي كتاب ربي. ونقل صاحب الدر عن القنية: وقيل: إن تقبيل المصحف بدعة، ورده بما تقدم نقله عن عمر وعثمان. وروي كذلك عن أحمد: التوقف في تقبيل المصحف

Link Asal : http://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/permalink/501394889931871/?comment_id=501461373258556&offset=0&total_comments=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar