Jumat, 28 Juni 2013

WUDHU` DAN MANDINYA ORANG BERTINDIK (Pria & Wanita)


  • Oleh : ustadz Brojol Gemblung

WUDHU` DAN MANDINYA ORANG BERTINDIK (Pria & Wanita)

شرح سلم التوفيق ص 20 : 

وغسل ما عليهماـ إلى أن قال ـ وباطن ثقب أو شق لأنه صار ظاهرا. إهـ 

Dan (wajib) membasuh anggota yg terdapat di kedua tangan -sampai pada perkataan pengaran- dan anggota bagian dalam dari lubang (anggota badan) atau ruas badan, karena hal itu telah menjadi anggota zdahir.

الرياض البديعة ص 21 : 

إذا توضأ حرك خاتمه، وكذا يجب تحريك القرط في الأذن لضيق محله، والمعتبر غلبة الظن في وصول الماء إلى ثقبه. إهـ 

Apabila berwudhu` maka gerak-gerakkanlan cincinnya (maksudnya agar air masuk pada sela-sela anggota), dan demikian juga menggerak-gerakkan anting-anting ditelinga karena sempitnya tempat anting tersebut. Sedangkan pedomannya adalah dominasi keyakinan diri dalam sampainya air pada lubang anting tersebut.

الفقه على مذاهب الأربعة الجزء الأول ص 379 : 

ويجب أن يصل الماء إلى كل ما يمكن إيصاله إليه بلا حرج حتى لو بقي جزء يسير من البدن لم يصبه الماء بطل الغسل، ويجب أن يعم الماء تجاويف البدن كعمق السرة وموضع جرح غائر ونحو ذلك. إهـ

Dan wajib menyampaikan air pada semua anggota yg memungkinkan menyampaikan air padanya tanpa kesulitan sehingga andai ada sedikit anggota badan yg tersisa yg tidak terkena air, maka batallah mandinya. Dan wajib meratakan air pada lekukan-lekukan badan seperti dasar lubang pusar, tempat luka yg bergetah, dan selainnya.

1 komentar:

  1. MOHON IJIN YA DIAMBIL DAN DI COPY PASTE SEGALA ARTIKEL DALAM BLOG NI UNTUK PEMBACAAN PERIBADI..SYUKRON....

    BalasHapus