Senin, 29 April 2013

HAL-HAL YANG TIDAK DISYARI'ATKAN UNTUK BACA BASMALAH

Ifas Irama
Assalamu'alaikum...?lgi" bismillah, bagaimana hukumnya bca bismillah ketika mo bca niat sholat...?contoh BISMILLAHIRROHMANIRROHIM... USHOLLI FARDHOL MAGHRIBI TSALATSA ROKAATIN LILLAHI TA'ALA. monggo


JAWABANDha Kho Chan >>>
 ﻭﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺑﺎﻷﻣﺮ ﻣﺎ ﻳﻌﻢ ﺍﻟﻘﻮﻝ ﻛﺎﻟﻘﺮﺃﺓ ﻭﺍﻟﻔﻌﻞ ﻛﺎﻟﺘﺄﻟﻴﻒ, ﻭﻣﻌﻨﻰ
ﺫﻯ ﺑﺎﻝ ﺃﻯ ﺻﺎﺣﺐ ﺣﺎﻝ ﺑﺤﻴﺚ ﻳﻬﺘﻢ ﺑﻪ ﺷﺮﻋﺎ ﺃﻯ ﺑﺄﻥ ﻻ ﻳﻜﻮﻥ ﻣﻦ
ﺳﻔﺎﺳﻒ ﺍﻷﻣﻮﺭ ﻭﻟﻴﺲ ﻣﺤﺮﻣﺎ ﻭﻻ ﻣﻜﺮﻭﻫﺎ. ﻭﻳﺸﺘﺮﻁ ﺃﻳﻀﺎ ﺃﻥ ﻻ
ﻳﻜﻮﻥ ﺫﻛﺮﺍ ﻣﺤﻀﺎ ﻭﻻ ﺟﻌﻞ ﺍﻟﺸﺎﺭﻉ ﻟﻪ ﻣﺒﺪﺃ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﺒﺴﻤﻠﺔ
ﻭﺍﻟﺤﻤﺪﻟﺔ, ﻭﺧﺮﺝ ﻣﺎ ﺟﻌﻞ ﺍﻟﺸﺎﺭﻉ ﻟﻪ ﻣﺒﺪﺃ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﺒﺴﻤﻠﺔ
ﻭﺍﻟﺤﻤﺪﻟﺔ ﻛﺎﻟﺼﻼﺓ ﻓﻼ ﻳﺒﺪﺅ ﺑﺎﻟﺒﺴﻤﻠﺔ ﻭﻻ ﺑﺎﻟﺤﻤﺪﻟﺔ ﺑﻞ ﺑﺎﻟﺘﻜﺒﻴﺮ
ﻣﺜﻼ.ﺍﻫـ
“Setiap perkara yang mengandung kebaikan yang
tidak diawali dengan basmalah kurang berkah”
Yang dimaksud ‘setiap perkara’ menjcakup semua
jenis ucapan seperti bacaan dan semua jenis
perbuatan seperti mengarang (kitab).
Yang dimaksud ‘yang mengandung kebaikan’ adalah
setiap keadaan yang oleh syara’ dipandang penting
untuk diawali dengan bismillah bukan hal yang
haram bukan pula hal yang makruh.
Disyaratkan juga bukan berupa dzikiran murni dan
bukan hal yang oleh syara’ ditetapkan
keberadaannya dengan selain basmalah dan
hamdalah seperti shalat yang oleh syara’ telah
ditetapkan tidak diawali dengan basmalah dan
hamdalah tapi awalilah dengan takbir.
Tuhfah al-Muriid hal. 3
ﻭﻳﺸﺘﺮﻁ ﺍﻥ ﻻﻳﻜﻮﻥ ﺫﻟﻚ ﺍﻻﻣﺮ ﺫﻛﺮﺍ ﻣﺤﻀﺎ ﺑﺎﻥ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﺫﻛﺮﺍ ﺃﺻﻼ
ﺃﻭ ﻛﺎﻥ ﺫﻛﺮﺍ ﻏﻴﺮ ﻣﺤﺾ ﻛﺎﻟﻘﺮﺁﻥ ﻓﺘﺴﻦ ﺍﻟﺘﺴﻤﻴﺔ ﻓﻴﻪ ﺑﺨﻼﻑ
ﺍﻟﺬﻛﺮ ﺍﻟﻤﺤﺾ ﻛﻼ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ. ﻭﺍﻥ ﻻ ﻳﺠﻌﻞ ﻟﻪ ﺍﻟﺸﺎﺭﻉ ﻣﺒﺘﺪﺃ ﻏﻴﺮ
ﺍﻟﺒﺴﻤﻠﺔ ﻭﺍﻟﺤﻤﺪﻟﺔ ﻛﺎﻟﺼﻼﺓ ﻓﺈﻧﻪ ﺟﻌﻞ ﻟﻬﺎ ﻣﺒﺘﺪﺉ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﺒﺴﻤﻠﺔ
ﻭﺍﻟﺤﻤﺪﻟﺔ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﺘﻜﺒﻴﺮ.ﺍﻩـ
Disyaratkan juga keberadaan perkara yang diawali
dengan basmalah bukan berupa dzikiran murni
seperti bacaan alQuran karena secara asalnya bukan
berbentuk dzikiran maka disunahkan saat mulai
membacanya membaca basmalah, berbeda bila
berupa dzikir murni seperti kalimat tahlil ‘LAA
ILAAHA ILLALLAAH’ maka tidak disunahkan diawali
dengan basmalah.
Dan disyaratkan pula bukan hal yang oleh syara’
ditetapkan keberadaannya diawali dengan selain
basmalah dan hamdalah seperti shalat yang oleh
syara’ telah ditetapkan tidak diawali dengan
basmalah dan hamdalah yakni diawali dengan takbir.
Hasyiyah al-Baajuury I/11
_______________________

ﻭﺃﻣﺎ ﻣﺎ ﻻ ﺗﺸﺮﻉ ﻓﻴﻪ ﻓﺴﺘﺔ ﺃﻧﻮﺍﻉ ﻛﻤﺎ ﻳﻔﻴﺪﻩ ﺍﻟﻀﺎﺑﻂ ﺍﻟﻤﺬﻛﻮﺭ:
ﺍﻷﻭﻝ ﻣﺎﺟﻌﻞ ﺍﻟﺸﺎﺭﻉ ﻟﻪ ﻣﺒﺪﺃﻏﻴﺮ ﺍﻟﺒﺴﻤﻠﺔ ﻛﺎﻟﺼﻠﻮﺍﺕ ﻭﺍﻷﺫﺍﻥ
ﻑﺇﻥ ﺍﻟﺸﺎﺭﻉ ﺟﻌﻞ ﻣﺒﺪﺃﻫﻤﺎ ﺍﻟﺘﻜﺒﻴﺮ ﻭﻛﺎﻟﺤﺞ ﻭﺍﻟﻌﻤﺮﺓ ﻓﺈﻧﻪ ﺟﻌﻞ
ﻣﺒﺪﺃﻫﻤﺎ ﺍﻟﺘﻠﺒﻴﺔ ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻣﺎﻛﺎﻥ ﺫﻛﺮﺍ ﻣﺡﺿﺎ ﻛﻼﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﺤﻤﺪ
ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺳﺒﺤﺎﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺑﺤﻤﺪﻩ.
Sedang perkara yang tidak disyariatkan diawali
dengan basmalah maka terdapat enam bagian ;
1. Hal yang oleh syara’ ditetapkan keberadaannya
diawali dengan selain basmalah seperti shalat, adzan
karena oleh syara’ telah ditetapkan permulaannya
memakai takbir, dan seperti haji dan umrah yang
oleh syara’ telah ditetapkan permulaannya dengan
talbiyah.
2. Bukan berupa dzikiran murni seperti kalimat ‘LAA
ILAAHA ILLALLAAH MUMMADAN ROSUULULLAAH,
SUBHAANALLAAH WA BIHAMDIHI.
Hasyiyah husain almaky almaliky 146
Wallaahu A'lamu Bis Showaab


Link Asal
https://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/permalink/487259688012058/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar