Fikriaddin
ASSALAMU'ALAIKUM...
saya mau tanya apa sih sbener.a TAKDIR it dan QADA' it dan QADAR it?serta apa sih perbeda.an dr it smua?
JAWABAN
Ifas Irama II >>> PEMBAGIAN QADHA’ (ketentuan Allah pada MakhlukNya)
1. MUBRAM
Ialah ketentuan putusan Allah yang tidak dapat dihapus, dikukuhkan dan dirubah oleh apapun
2. MU’ALLAQ
Ialah ketentuan putusan Allah yang dapat berubah, hukum sebab akibat berkait...an dengan ketetuan putusan Allah jenis ini, diantara yang dapat merubah jenis ketentuan ini adalah DOA sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW.
(لاَ يَرُدُّ الْقَضَاءَ إِلاَّ الدُّعَاءُ، وَلاَ يُزِيْدُ فِى الْعُمْرِ إِلاَّ الْبِرُّ) -الترمذي-
"Tidak ada yang mampu menolak takdir Allah kecuali doa” (HR. at-Tirmidzy)
ويتضح الأمر لو علمنا أن أنواع التقدير منها ما لا يقبل المحو والإثبات والتغيير ، ومنها وما يقبل ذلك ، فالتقدير الأزلي والميثاقي لا يقبلان محوا ولا تغيرا ، ولا يعلمهما ملك مقرب ولا نبي مرسل ، وقد ضن ربنا بهما إلا أن يطلع نبيا من الأنبياء لحكمة ما ، كما أخبر نبينا صلى الله عليه وسلم أن أبا لهب سيصلى نارا ذات لهب ، وهذا القضاء قضاء مبرم لا يرد ولا يصد ، أما بقية أنوع التقدير التي تتعلق بالأسباب الغيبية أو الأسباب المشهودة فهي تقبل والمحو والتعديل وتقبل التغير والتبديل ، لأن الأسباب يدفع بعضها بعضا ، كالتقدير العمري والتقدير السنوي والتقدير اليومي ، وقد تحدثنا عنها بالتفصيل في موضوع الإيمان بالقضاء والقدر ، فكل ما تعلق بالأسباب من أنواع التقدير فهي من القضاء المعلق ، فالأسباب يدفع بعضها بعضا ، والدعاء من الأسباب
Asmaa-ul Husnaa 23/5
===============
QADA' adalah rencana atau ketetapan Allah atas makhluknya sejak zaman Azali (zaman sebelum penciptaan alam).
- QADAR adalah implementasi atau rencana perwujudan atas keketapan Allah bagi makhluknya.
Apa yg telah ditetapkan (qada') oleh Allah, akan terwujud melalui qadarnya Allah. Qadarnya Allah tidak akan melampaui qada'-Nya. Namun tidak semua Qada'nya Allah akan diwujudkan dengan qadar-Nya. Untuk itulah sehingga para Ulama membagi qadar (implementasi) dalam dua macam:
1). QADAR MUBRAM, yaitu rencana perwujudan (implementasi) atas ketetapan (QADA') Allah yang tdk bisa dirubah lagi. Misalnya tentang kematian, tidak ada satu makhluk di dunia ini yang lepas dari kematian.
2). QADAR MU'ALAQ, yaitu perwujudan QADA' (ketetapan) Allah yg mungkin wujud juga mungkin tidak tergantung bagaimana manusia itu berbuat. Misalnya, si A telah ditaqdirkan Allah menjadi orang kaya, dikarenakan ia malas bekerja, maka ia menjadi miskin. Si B telah di tetapkan menjadi orang salih, namun karena ia sering berbuat maksiat karena kalah dengan godaan syetan, maka menjadi orang tidak salih. Hal ini berdasarkan firman Allah: "Dia mendapatkan pahala dari kebajikan yg dikerjakan, dan dia mendapat siksa dari kejahatan yg diperbuatnya". (QS. Al-Baqarah: 286).
Kesimpulannya, QADA' (ketetapan nasib) itu pasti ada dan sudah sejak zaman azali, sedangkan QADAR (perwujudan nasib) melihat dari pada perilaku seseorang saat didunia, kecuali ketetapan-ketetapan yg sifatnya paten seperti kematian
Guz Zein >>>
وإذا اطلع اللوح عليه سمي قضاء وإذا وصل إلى العبد سمي حكما والقدر مقدر في علمه الذي علم وصوله إلى العبد ان شاء والقدر صفته والمقدور ملكه والقدر ليس بمحدود ولا معدود والمقدور محدود ومعدود كذلك القضاء والمقضي والحكم والمحكوم والقدر صفة ربوبيته من غير ابتداء تصويبا من الله عز و جل والقضاء إلزام ما صوبه والحكم تعليق ما الزمه على العبد
kitab ushuluddin . juz 1, hal: 184
Link Asal
http://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/permalink/479233888814638/ ?comment_id=480970931974267&offset=0&total_comments=4
ASSALAMU'ALAIKUM...
saya mau tanya apa sih sbener.a TAKDIR it dan QADA' it dan QADAR it?serta apa sih perbeda.an dr it smua?
JAWABAN
Ifas Irama II >>> PEMBAGIAN QADHA’ (ketentuan Allah pada MakhlukNya)
1. MUBRAM
Ialah ketentuan putusan Allah yang tidak dapat dihapus, dikukuhkan dan dirubah oleh apapun
2. MU’ALLAQ
Ialah ketentuan putusan Allah yang dapat berubah, hukum sebab akibat berkait...an dengan ketetuan putusan Allah jenis ini, diantara yang dapat merubah jenis ketentuan ini adalah DOA sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW.
(لاَ يَرُدُّ الْقَضَاءَ إِلاَّ الدُّعَاءُ، وَلاَ يُزِيْدُ فِى الْعُمْرِ إِلاَّ الْبِرُّ) -الترمذي-
"Tidak ada yang mampu menolak takdir Allah kecuali doa” (HR. at-Tirmidzy)
ويتضح الأمر لو علمنا أن أنواع التقدير منها ما لا يقبل المحو والإثبات والتغيير ، ومنها وما يقبل ذلك ، فالتقدير الأزلي والميثاقي لا يقبلان محوا ولا تغيرا ، ولا يعلمهما ملك مقرب ولا نبي مرسل ، وقد ضن ربنا بهما إلا أن يطلع نبيا من الأنبياء لحكمة ما ، كما أخبر نبينا صلى الله عليه وسلم أن أبا لهب سيصلى نارا ذات لهب ، وهذا القضاء قضاء مبرم لا يرد ولا يصد ، أما بقية أنوع التقدير التي تتعلق بالأسباب الغيبية أو الأسباب المشهودة فهي تقبل والمحو والتعديل وتقبل التغير والتبديل ، لأن الأسباب يدفع بعضها بعضا ، كالتقدير العمري والتقدير السنوي والتقدير اليومي ، وقد تحدثنا عنها بالتفصيل في موضوع الإيمان بالقضاء والقدر ، فكل ما تعلق بالأسباب من أنواع التقدير فهي من القضاء المعلق ، فالأسباب يدفع بعضها بعضا ، والدعاء من الأسباب
Asmaa-ul Husnaa 23/5
===============
QADA' adalah rencana atau ketetapan Allah atas makhluknya sejak zaman Azali (zaman sebelum penciptaan alam).
- QADAR adalah implementasi atau rencana perwujudan atas keketapan Allah bagi makhluknya.
Apa yg telah ditetapkan (qada') oleh Allah, akan terwujud melalui qadarnya Allah. Qadarnya Allah tidak akan melampaui qada'-Nya. Namun tidak semua Qada'nya Allah akan diwujudkan dengan qadar-Nya. Untuk itulah sehingga para Ulama membagi qadar (implementasi) dalam dua macam:
1). QADAR MUBRAM, yaitu rencana perwujudan (implementasi) atas ketetapan (QADA') Allah yang tdk bisa dirubah lagi. Misalnya tentang kematian, tidak ada satu makhluk di dunia ini yang lepas dari kematian.
2). QADAR MU'ALAQ, yaitu perwujudan QADA' (ketetapan) Allah yg mungkin wujud juga mungkin tidak tergantung bagaimana manusia itu berbuat. Misalnya, si A telah ditaqdirkan Allah menjadi orang kaya, dikarenakan ia malas bekerja, maka ia menjadi miskin. Si B telah di tetapkan menjadi orang salih, namun karena ia sering berbuat maksiat karena kalah dengan godaan syetan, maka menjadi orang tidak salih. Hal ini berdasarkan firman Allah: "Dia mendapatkan pahala dari kebajikan yg dikerjakan, dan dia mendapat siksa dari kejahatan yg diperbuatnya". (QS. Al-Baqarah: 286).
Kesimpulannya, QADA' (ketetapan nasib) itu pasti ada dan sudah sejak zaman azali, sedangkan QADAR (perwujudan nasib) melihat dari pada perilaku seseorang saat didunia, kecuali ketetapan-ketetapan yg sifatnya paten seperti kematian
Guz Zein >>>
وإذا اطلع اللوح عليه سمي قضاء وإذا وصل إلى العبد سمي حكما والقدر مقدر في علمه الذي علم وصوله إلى العبد ان شاء والقدر صفته والمقدور ملكه والقدر ليس بمحدود ولا معدود والمقدور محدود ومعدود كذلك القضاء والمقضي والحكم والمحكوم والقدر صفة ربوبيته من غير ابتداء تصويبا من الله عز و جل والقضاء إلزام ما صوبه والحكم تعليق ما الزمه على العبد
kitab ushuluddin . juz 1, hal: 184
Link Asal
http://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/permalink/479233888814638/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar