Ilmatul Mukarramach
assalamualaikum
mo tx klo ada yg meninggal banci asli trus yg mandiin itu siapa dan bagaimana cranya?
JAWABAN
Kakek Jhosy >>> Referensi
الفقه على المذاهب الأربعة ج ١ ص ٧٨٣ مكتبة الشاملة
وفي تغسيل الخنثى المشكل تفصيل المذاهب فانظره تحت الخط
المالكية قالوا : إن أمكن وجود أمة للخنثى سواء كانت من ماله أو من بيت المال أو من مال المسلمين فإنها تغسله ولا يغسله أحد سواها
الحنفية قالوا : الخنثى المشكل المكلف أو المراهق لا يغسل رجلا ولا امرأة ولا يغسله رجل ولا امرأة وإنما ييمم وراء ثوب
الحنابلة قالوا : إذا مات الخنثى المشكل الذي له سبع سنين فأكثر وكانت له أمة غسلته وإلا ييمم بحائل يمنع المس والرجل أولى من المرأة بتيميمه
الشافعية قالوا : يجوز للرجل والمرأة الأجنبيين تغسيل الخنثى المشكل الكبير عند فقد محرمه مع وجوب غض البصر وعدم اللمس ويجب أن يقتصر في غسله على غسله واحدة تعم بدنه أما الخنثى الصغير فهو كباقي الصبيان
Referensi
الموسوعة الفقهية الكويتية الجزء ١٤ ص ٥٧ مكتبة الشاملة
إذا كان الخنثى المشكل صغيرا لم يبلغ ، يجوز للرّجال والنّساء تغسيله ، كما يجوز مسّه والنّظر إليه . وأمّا إذا كان كبيراً أو مراهقاً فذهب الحنفيّة ، وهو وجه عند الشّافعيّة إلى أنّه لا يغسّل رجلا ولا امرأة ، ولا يغسّله رجل ولا امرأة ، بل ييمّم
والأصل عند الشّافعيّة أنّ الخنثى المشكل - إن كان له محرم من الرّجال أو النّساء - غسّله بالاتّفاق ، وإن لم يكن له محرم جاز للرّجال والنّساء غسله صغيراً . فإن كان كبيرا ففيه وجهان : أحدهما : هذا ، والآخر : أنّه يغسّل . قال أحمد : إذا لم تكن له أمة ، ييمّم ، وزاد : أنّ الرّجل أولى بتيميم خنثى في سنّ التّمييز ، وحرم بدون حائل على غير محرم
ويرى المالكيّة : أنّه إن أمكن وجود أمة له - سواء أكانت من ماله أم من بيت المال ، أم من مال المسلمين - فإنّها تغسّله ، وإلّا ييمّم ، ولا يغسّله أحد سواها
وذهب الشّافعيّة في وجه آخر إلى أنّه يغسّل إذا لم يكن له محارم
وفيمن يغسّل أوجه : أصحّها : أنّه يجوز للرّجال والنّساء جميعا للضّرورة ، واستصحابا لحكم الصّغر ، وبه قال أبو زيد
والوجه الثّاني : أنّه في حقّ الرّجال كالمرأة ، وفي حقّ النّساء كالرّجل ، أخذا بالأحوط . والوجه الثّالث : وهو وجه ضعيف عندهم ، أنّه يشترى من تركته جارية لتغسّله ، فإن لم تكن له تركة فمن بيت المال
TARJAMAHAN-NYA
OLEH : Wes Qie >>> MADZAAHIBUL ARBA'H 1/783
pendapat para ulama' di dalam memandikan khuntsa musykil { org yg mempunyai 2 alat kelamin }
AL MALIKIYYAH : apabila ada perempuan amat { budak } bs memandikan khunsa tsb dg jalan dkasih upah yg d ambil dr hartanya atau dari baitul maal {kas negara} dan tidak boleh seorg pun yg memandikan selain budak tsb
CHANAFIYYAH : apabila khuntsa tsb sudah mukallaf atau murohek { mendekati baligh } maka tidak boleh seorang pun dari laki" dan perempuan yg memandikannya kecuali d tayammumi itupun harus pakek peng halang {jampel}
CHANAABILAH : apabila khuntsa tsb meninggal dan umurnya mencpai 7 th atau lbh dan dy mempunyai amat maka amat tsb yg lbh brhak untuk memandikan. Apabila tdk mempunyai amat maka tayammumkanlah dg pakek penghalang agar tidak bersentuhan kulit sedangkan yg lebih utama adalah laki" dari pada perempuan
SYAFI'IYYAH : boleh laki" atau perempuan lain ketika tidak ada mahrom nya, itupun harus memejamkan mata dan pakek peng halang dan meringkas d dalam memandikan. Apabila mayyitnya khuntsa yg msh kecil maka hukumnya seperti anak kecil lainnya
AL MAUSUUAH 14/57
ketika khuntsa musykilnya anak kecil yg belum baligh, maka boleh bg laki laki dan waninta unt memandikannya, sbgmna bolehnya memegang dan melihat. Sedangka ketika dewasa atau murohek ulama' hanafiyyah berpendapat dan ini jg salah 1 pendapat syafiiyah tdk boleh d mandikan oleh laki2 atau perempuan tp dg d tayammumi.
Hukum asal dalam kalangan syafiiyah bahwasanya khuntsa musykil apabila mempunyai mahrom laki" atau perempuan maka mahromnya boleh memandikan seseuai kesepakatan ulama'. Tp apabila tdk mempunyai mahrom maka bg laki" atau perempuan boleh memandikan khuntsa tsb saat usia masih kecil. Apbila dewasa maka ada 2 wajah salah satunya seperti pendapat tsb. Yg lain menyatakan boleh memandikan secara mutlak.
Imam ahmad berkata : ketika ia tdk memiliki amat maka d tayammumi dan beliau menambahkan org laki" lbh berhak mentayammumi khuntsa musykil saat usia tamyiz dan haram mentayammumi dg tanpa menggunakan penghalang bg selain mahromnya.
Malikiyyah : seumpama bisa d upayakan adanya amat bik beli dg hartanya atau baitul mal maka amat tersebutlah yg memandikannya kalau tdk memungkinkan maka d tayammumi dan tdk d perkenankan bg siapapun unt memandikannya kecuali amat.
SYAFIIYAH dalam pendapat yg lain menyatakan khuntsa musykil tetap d mandikan ketika tidak mempunyai mahrom
Link Asal
http://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/479429675461726/?comment_id=479744292096931¬if_t=like
assalamualaikum
mo tx klo ada yg meninggal banci asli trus yg mandiin itu siapa dan bagaimana cranya?
JAWABAN
Kakek Jhosy >>> Referensi
الفقه على المذاهب الأربعة ج ١ ص ٧٨٣ مكتبة الشاملة
وفي تغسيل الخنثى المشكل تفصيل المذاهب فانظره تحت الخط
المالكية قالوا : إن أمكن وجود أمة للخنثى سواء كانت من ماله أو من بيت المال أو من مال المسلمين فإنها تغسله ولا يغسله أحد سواها
الحنفية قالوا : الخنثى المشكل المكلف أو المراهق لا يغسل رجلا ولا امرأة ولا يغسله رجل ولا امرأة وإنما ييمم وراء ثوب
الحنابلة قالوا : إذا مات الخنثى المشكل الذي له سبع سنين فأكثر وكانت له أمة غسلته وإلا ييمم بحائل يمنع المس والرجل أولى من المرأة بتيميمه
الشافعية قالوا : يجوز للرجل والمرأة الأجنبيين تغسيل الخنثى المشكل الكبير عند فقد محرمه مع وجوب غض البصر وعدم اللمس ويجب أن يقتصر في غسله على غسله واحدة تعم بدنه أما الخنثى الصغير فهو كباقي الصبيان
Referensi
الموسوعة الفقهية الكويتية الجزء ١٤ ص ٥٧ مكتبة الشاملة
إذا كان الخنثى المشكل صغيرا لم يبلغ ، يجوز للرّجال والنّساء تغسيله ، كما يجوز مسّه والنّظر إليه . وأمّا إذا كان كبيراً أو مراهقاً فذهب الحنفيّة ، وهو وجه عند الشّافعيّة إلى أنّه لا يغسّل رجلا ولا امرأة ، ولا يغسّله رجل ولا امرأة ، بل ييمّم
والأصل عند الشّافعيّة أنّ الخنثى المشكل - إن كان له محرم من الرّجال أو النّساء - غسّله بالاتّفاق ، وإن لم يكن له محرم جاز للرّجال والنّساء غسله صغيراً . فإن كان كبيرا ففيه وجهان : أحدهما : هذا ، والآخر : أنّه يغسّل . قال أحمد : إذا لم تكن له أمة ، ييمّم ، وزاد : أنّ الرّجل أولى بتيميم خنثى في سنّ التّمييز ، وحرم بدون حائل على غير محرم
ويرى المالكيّة : أنّه إن أمكن وجود أمة له - سواء أكانت من ماله أم من بيت المال ، أم من مال المسلمين - فإنّها تغسّله ، وإلّا ييمّم ، ولا يغسّله أحد سواها
وذهب الشّافعيّة في وجه آخر إلى أنّه يغسّل إذا لم يكن له محارم
وفيمن يغسّل أوجه : أصحّها : أنّه يجوز للرّجال والنّساء جميعا للضّرورة ، واستصحابا لحكم الصّغر ، وبه قال أبو زيد
والوجه الثّاني : أنّه في حقّ الرّجال كالمرأة ، وفي حقّ النّساء كالرّجل ، أخذا بالأحوط . والوجه الثّالث : وهو وجه ضعيف عندهم ، أنّه يشترى من تركته جارية لتغسّله ، فإن لم تكن له تركة فمن بيت المال
TARJAMAHAN-NYA
OLEH : Wes Qie >>> MADZAAHIBUL ARBA'H 1/783
pendapat para ulama' di dalam memandikan khuntsa musykil { org yg mempunyai 2 alat kelamin }
AL MALIKIYYAH : apabila ada perempuan amat { budak } bs memandikan khunsa tsb dg jalan dkasih upah yg d ambil dr hartanya atau dari baitul maal {kas negara} dan tidak boleh seorg pun yg memandikan selain budak tsb
CHANAFIYYAH : apabila khuntsa tsb sudah mukallaf atau murohek { mendekati baligh } maka tidak boleh seorang pun dari laki" dan perempuan yg memandikannya kecuali d tayammumi itupun harus pakek peng halang {jampel}
CHANAABILAH : apabila khuntsa tsb meninggal dan umurnya mencpai 7 th atau lbh dan dy mempunyai amat maka amat tsb yg lbh brhak untuk memandikan. Apabila tdk mempunyai amat maka tayammumkanlah dg pakek penghalang agar tidak bersentuhan kulit sedangkan yg lebih utama adalah laki" dari pada perempuan
SYAFI'IYYAH : boleh laki" atau perempuan lain ketika tidak ada mahrom nya, itupun harus memejamkan mata dan pakek peng halang dan meringkas d dalam memandikan. Apabila mayyitnya khuntsa yg msh kecil maka hukumnya seperti anak kecil lainnya
AL MAUSUUAH 14/57
ketika khuntsa musykilnya anak kecil yg belum baligh, maka boleh bg laki laki dan waninta unt memandikannya, sbgmna bolehnya memegang dan melihat. Sedangka ketika dewasa atau murohek ulama' hanafiyyah berpendapat dan ini jg salah 1 pendapat syafiiyah tdk boleh d mandikan oleh laki2 atau perempuan tp dg d tayammumi.
Hukum asal dalam kalangan syafiiyah bahwasanya khuntsa musykil apabila mempunyai mahrom laki" atau perempuan maka mahromnya boleh memandikan seseuai kesepakatan ulama'. Tp apabila tdk mempunyai mahrom maka bg laki" atau perempuan boleh memandikan khuntsa tsb saat usia masih kecil. Apbila dewasa maka ada 2 wajah salah satunya seperti pendapat tsb. Yg lain menyatakan boleh memandikan secara mutlak.
Imam ahmad berkata : ketika ia tdk memiliki amat maka d tayammumi dan beliau menambahkan org laki" lbh berhak mentayammumi khuntsa musykil saat usia tamyiz dan haram mentayammumi dg tanpa menggunakan penghalang bg selain mahromnya.
Malikiyyah : seumpama bisa d upayakan adanya amat bik beli dg hartanya atau baitul mal maka amat tersebutlah yg memandikannya kalau tdk memungkinkan maka d tayammumi dan tdk d perkenankan bg siapapun unt memandikannya kecuali amat.
SYAFIIYAH dalam pendapat yg lain menyatakan khuntsa musykil tetap d mandikan ketika tidak mempunyai mahrom
Link Asal
http://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/479429675461726/?comment_id=479744292096931¬if_t=like
Tidak ada komentar:
Posting Komentar