PERTANYAAN
- Nurdin Flest
assalamualaikm wr wb:bpk ustdz2.mau ny. ada ank lki2 umr7thn(tamzis) dia tau syrat rkny shlt,syrt sah shlt and btlny shlt.apa bleh jd imam.mksih jwby.ws
JAWABAN
- Guslik An-Namiri
Waalaikumussalam Wr Wb. Saya sependapat dengan jawaban Akhina Zainal@, bahwasanya hukum anak laki laki yang belum baligh ( 7 tahun atau 8 tahun ) menjadi imam shalat, para Ulama berbeda pendapat. Namun qoul yang paling mu'tamad tidak boleh,kecuali jika sudah tidak didapati lagi yang menjadi imam selain anak kecil itu. Dasar pengambilan:
- فلا تجوز إمامة الصبي للرجال, ولا للنساء, مطلقا لا في الفرض ولا في النفل عند أكثر العلماء, لأنه غير المكلف وصلاته تقع نفلا. وجز بعضهم إمامه إذا كان مميزا. قارئا القرآن الكريم وليس هناك أولى منه الإمامة. وستدلوا بما جاء في الصحيح أن عمرو بن سلمة أم قومه وهو بن ست أو سبع سنين .الفقه الواضح من الكتاب والسنة على مذاهب الأربعة الجز 1 . ص 206. المكتبة التجارية الباز مككة المكرمة
Demikian yang dapat saya haturkan pada Akhi Nurdin@ , kurang lebihnya العفو من الله ثم منكم
Afwan, kitab rujukannya adalah. Kitab Al_Fiqhul Wadhih 'alaa Madzaahibul Arba'ah Juz 1 Hal 206 Cet Maktabah At_Tijaariyah Makkah
- Kakek Jhosy
Menurut Assyafi'iyyah Anak yang belum baghlig / mumayyiz (mengetahui hukum dan tata cara shalat) Menjadi Imam diperbolehkan mengimaminya?
Seharusnya kita memilih tidak menjadikan imam anak yang belum baligh kecuali adanya imam trsebut dewasa
dikarnakan yang dewasa lebih alim/tahu tentang masalah shalat
Referensi
كتاب الأم - الإمام الشافعي - ج ١ - الصفحة ١٩٣
إمامة الصبي لم يبلغ (قال الشافعي) رحمه الله تعالى إذا أم الغلام الذي لم يبلغ الذي يعقل الصلاة ويقرأ، الرجال البالغين فإذا أقام الصلاة أجزأتهم إمامته والاختيار أن لا يؤم إلا بالغ وأن يكون الامام البالغ عالما بما لعله يعرض له في الصلاة
- Sumber :
Menurut sebagian Ulamak anak kecil menjadi Imam :
Imam Maliky dan Abu Hanifah sah shalatnya tapi dalam shalat sunnah
bukan shalat fardluh /Wajib
Menurut Imam Daud shalat fardluh dan shalat sunnah tidak sah.
Menurut Imam Achmad tidak sah mengimami dalam shalat fardluh,
Referensi
المجموع - محيى الدين النووي - ج ٤ - الصفحة ٢٤٩
في مذاهب العلماء في صحة إمامة الصبي للبالغين: قد ذكرنا أن مذهبنا صحتها وحكاه ابن المنذر عن الحسن البصري واسحق ابن راهويه وأبي ثور قال وكرهها عطاء والشعبي ومجاهد ومالك والثوري وأصحاب الرأي وهو مروي عن ابن عباس وقال الأوزاعي لا يؤم في مكتوبة إلا أن لا يكون فيهم من يحفظ شيئا من القرآن غيره فيؤمهم المراهق وقال الزهري ان اضطروا إليه أمهم قال ابن المنذر وبالجواز أقول وقال العبدري قال مالك وأبو حنيفة تصح إمامة الصبي في النفل دون الفرض وقال داود لا تصح في فرض ولا نفل وقال احمد لا تصح في الفرض....إلخ
- Sumber :
- Link Asal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar