Sabtu, 15 Desember 2012

Pohon yang menjalar diperbatasan tanah orang lain


PERTANYAAN 
  • Alby Fantasi
asssalamualaikum ww para asatidz dan asatidzah yang saya mulyakan, saya mau tanya pak ustadz ada tetangga saya menanam pohon mangga diperbatasan tanah saya dan punya dia terus pohon mangganya sangat rindang sampai menggangu tanaman saya, dan buahnya sangat banyak,,, yang saya tanyakan bolehkah saya memotong tangkaiya yg menggangu ke tanaman saya /bolehkah saya mengambil buah yg bergantung di atas tanaman saya? mohon penjelasanya pak ustadz wsslm 




JAWABAN
  • Kakek Jhosy

Jika ranting pohon tersebut menjalar(menalar -madura)diatas tanah milik orang lain maka yang punya pohon itu wajib menghilangkan ranting(ranca'nah _ madura)tersebut terkecuali yang mempunyai tanah ridho' ikhlas rela.Jika yang pnya tanah tersebut menuntut agar ranting ( ranca' - madura)tersebut disingkirkan atau tidak di indahkan yang punya pohon.Maka boleh bagi yang punya tanah menyingkirkanya?deangan melanturkanya.Jika tidak memungkinkan maka boleh untuk memotongnya.dan hal tersebut tidak perlu minta izin pada qodi menurut qoul shahih

ولو حصلت أغصان شجرة في هواء ملك غيره لزمه إزالة الأغصان إلا أن يرضى صاحب الملك بتركها ، فإن طالبه بذلك فلم يفعل فله تحويل الأغصان عن ملكه بتليين ونحوه فإن لم يمكن فله قطعها ولا يحتاج فيه إلى إذن القاضي على الصحيح وإن صالحه على إبقائها بعوض ، فإن لم يسند الغصن إلى شيء لم يصح
  • تحفة الحبيب على شرح الخطيب
  • Sumber :


  • Guz Zein
 فرع لو خرجت أغصان شجرة إلى هواء ملك جاره فللجار مطالبته بإزالتها فإن لم يفعل فله تحويلها عن ملكه فإن لم يمكن فله قطعها ولا يحتاج فيه إلى إذن القاضي .
  • روضة الطالبين . ج:4. ص: 223




  • Link Asal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar