Selasa, 04 Desember 2012

Meninggalkan tasyahud awal dalam shalat


PERTANYAAN

  • Syafi'i Rabatly
assalamualaikum wr wb ketika qw shalat dzuhur nyampek tasyahhud awal sy lupa tidak tasyahhud. setelah berdiri sy ingat tidak tasyahhud awal.bolehkah sy kembali lagi untuk tasyahhud awal?atau diteruskan baca fatihah


JAWABAN

  • Phutra Randu Alass
(WASSUNNATU) IN TAROKAHA AL-MUSOLLIY LA YA'UDU ILAIHA BA'DA TALABBUSI BIL FARDI.FAMAN TAROKA ATTASYAHHUDU AL-AWWALU MASALAN FADAKAROHU BA'DA I'TIDALIHI MUSTAWIYAN LA YA'UDU ILAIHI FAIN ADA ILAIHI AMIDAN ALIMAN BITAHRIMIHI BATOLAT SOLATUHU

Apabila orang yg solat meninggalkan sunnahnya solat maka orang tsb tidak boleh kembali mengerjakan sunnah yg di tinggalkan tsb jika orang tsb sdh melakukan hal yg farducontohnya apa bila orang yg solat meninggalkan tasyahhud awal dan orang itu ingat setelah i'tidal maka orang tsb tidak boleh kembali mengerjakan trhdp tasyahhud yg di tinggalkan tsb.Apabila orang yg solat kembali trhdp sunnah yg di tinggalkan sedangkan dia tau keharamannya kembali tsb maka solatnya batal

KITAB FATHUL QORIB



  • Kakek Jhosy
ini Penjelasan yang sama seperti diatas

Jika seorang musholli (orang yang shalat)berdiri dari tasyahhud awal atau meninggalkan qunut jika meninggalkan tasyahud awal dan terlajur bediri karna lupa maka tidak cukup kembali lagi untuk duduk(tasyahud awal)bila duduknya tersebut disengaja dan tahu keharamanya maka shalatnya batal.jika kembali duduk karna lupa maka shalatnya tidak batal,atau kembali duduk karna jahil/bodoh dengan keharamanya maka menurut qoul ashoh sama dengan hal-nya yang lupa,tapi hukum berlaku jika shalatnya sendirian?

Referensi :" وقوله " والمسنون لايعود إليه بعد التلبس بغيره " كما اذا قام من التشهد الأول أو ترك القنوت وسجد فلوترك التشهد الأول وتلبس بالقيام ناسيا لم يجز له العود إلى القعود فإن عاد عامداعالما بتحريمه بطلت الصلاتهلأنه زاد قعودا وإن عاد ناسيا لم تبطل " وعليه أن يقوم عند تذكره ويسجد للسهو وان كان جاهلا بتحريمه فالأصح أنه كالنسي هذا حكم المنفرد "والإمام " والمأموم فإذا تلبس إمامه بالقيام فلايجوز له التخلف عنه لأجل التشهد فإن فعل بطلت صلاتهولوانتصب مع الأمام ثم عاد الأمام إلى القعود لم يجز للمأموم أن يعود معه فإن عاد الإمام عامدا عالما بالتحريم بطلت صلاته وإن كان ناسيا أوجاهلا لم تبطل ولو قعد المأموم فانتصب الأمام ثم عاد الأمام إلى القعود لزم المأموم القيام لأنه توجه على المأموم القيام بانتصاب الأمام ولوقعد الأمام للتشهد الأول وقام المأموم ناسيا فالصحيح وجوب العود إلى متابعة الأمام فإن لم يعد بطلت صلاته......إلخ

" كفاية الأخيار ج 2 ص 156 "
  • Link asal
http://www.facebook.com/groups/382134218524606/permalink/416926118378749/?comment_id=417004911704203&notif_t=like

Tidak ada komentar:

Posting Komentar