Ilmatul Mukarramach
Assalamualaikum wr wb
para yai para ustadz dan ustadzah
bener gk mengerjakah sesuatu kebaikan spert hal-nya puasa sunnah.sang istri mo puasa diwajibkan izin suamix?
klo suamix tidak dirumah gmana?apa wajib jg minta izin?
JAWABAN
Kakek Jhosy >>> Wa'alaikum saalam
Haram atas Istri puasa sunnah tanpa izin suami
Kerahaman ini bila dimungkinkan Tamattu' dengan istrinya.jika tidak misalnya sedang terdapah halangan bagi suami untuk wathi' seperti ihrom atau i'tikaaf maka gak haram.dan juga sekiranya tidak halangan pada istri misalnya farji'nya buntu dengan daging atau tulang,jika emang buntu maka tidak haram puasanya
Letak kerahamanya dalam puasa teulang-ulang dalam satu tahu seperti puasa senin kamis.berbeda halnya dengan puasa sunnah arafat dan puasa sunnah asyuro' karna keduanya jarang dalam setahun dan tetap keramanya.seperti halnya shalat ditanah ghosob.dan bagi suaminya mewahti'nya dan dosa atas istrinya.
Dan miskipun berlaku adat suaminya dari pagi awal siang hingga akhir siang karna dimungkinkan tiba-tiba datang dan sewaktu-waktu memenuhi hajatnya yang tidak sesuai dengan kebiasa'an suaminya.Dikecualikan apabila suami hadir ( ada dirumah ) jika sang suami tidak ada dirumah.maka tidak haram puasanya tanpa ada selisih pendapat
Referensi
إعانة الطالبين - البكري الدمياطي - ج ٢ - الصفحة ٣٠٨
قوله: ويحرم على الزوجة إلخ) هذا حيث جاز التمتع بها، وإلا كأن قام بالزوج مانع من الوطئ - كإحرام، أو اعتكاف - فلا حرمة، وحيث لم يقع بها مانع - كالرتق والقرن - وإلا فلا حرمة أيضا
ومحل التحريم في الصوم المتكرر في السنة - كالاثنين والخميس - بخلاف صوم يوم عرفة وعاشوراء، لأنهما نادران في السنة. ومع الحرمة: ينعقد صومها - كالصلاة في دار مغصوبة - ولزوجها وطؤها، والاثم عليها. (قوله: وزوجها حاضر) أي في البلد. قال ع ش: ولو جرت عادته أن يغيب عنها من أول النهار إلى آخره، لاحتمال أن يطرأ له قضاء وطره في بعض الأوقات على خلاف عادته. اه
وخرج بكونه حاضرا في البلد: ما إذا كان غائبا عنها، فلا يحرم عليها ذلك، بلا خلاف
Referensi
فتح المعين - المليباري الهندي - ج ٢ - الصفحة ٣٠٨
ويحرم على الزوجة أن تصوم، تطوعا أو قضاء موسعا وزوجها حاضر إلا بإذنه أو علم رضاه
>>>NB<<<
Referenssi
الموسوعة الفقهية الكويتية الجزء ٢٩ ص ٩٤
اتفق الفقهاء على أنه ليس للمرأة أن تصوم تطوعا إلا بإذن زوجها " لقول النبي صلى الله عليه وسلم " لا تصم المرأة وبعلها شاهد ، إلا بإذنه ، ولأن حق الزوج فرض، فلا يجوز تركه لنفل
ولو صامت المرأة بغير إذن زوجها صح مع الحرمة عند جمهور الفقهاء ، والكراهة التحريمية عند الحنفية ، إلا أن الشافعية خصوا الحرمة بما يتكرر صومه ، أما ما لا يتكرر صومه كعرفة وعاشوراء وستة من شوال فلها صومها بغير إذنه ، إلا إن منعها
Kesimpulanya
Kesepakatn ulamak fuqoha' tidak boleh berpuasa tathawu' bagi perempuan tnp izin suaminya .krn nabi bersabda Tidak boleh seorang wanita berpuasa selain puasa Ramadhan sedangkan suaminya sedang ada (tidak bepergian) kecuali dengan izin suaminya
Jika seorang wanita menjalankan puasa (selain puasa Ramadhan) tanpa izin suaminya, puasanya tetap sah, namun ia telah melakukan keharaman. Demikian pendapat mayoritas fuqoha. Ulama Hanafiyah menganggapnya makruh tahrim. Ulama Syafi’iyah menyatakan seperti itu haram jika puasanya berulang kali. Akan tetapi jika puasanya tidak berulang kali (artinya, memiliki batasan waktu tertentu) seperti puasa ‘Arofah, puasa ‘Asyura, puasa enam hari di bulan Syawal, maka boleh dilakukan tanpa izin suami, kecuali jika memang suami melarangnya.
Dha Kho Chan >>> Jk suami ada di daerahnya mk haram tdk ijin. Tp jk suami gak ada misal suami jd TkI mk boleh.
Bagi istri yang suaminya berada di daerahnya maka haram hukumnya berpuasa sunat tanpa izin atau yakin adanya keridhaan dari suami dengan ketentuan:
1. Istri tersebut berada dalam keadaan boleh berhubungan dengan suami. Sedangkan bila ia berada dalam keadaan tidak boleh berhubungan dengan suami misalnya ia sedangkan ihram maka dibolehkan baginya untuk berpuasa.
2. Puasa sunat yang diharamkan hanyalah puasa sunat yang sering datang waktunya dalam setahun seperti puasa senin kamis. Sedangkan puasa yang jarang seperti puasa Arafah, puasa `Asyura, dll maka dibolehkan
Walaupun hukum puasanya haram namun hukum puasanya tetap dihukumi sah dan terhadap suami dibolehkan berhubungan badan dengan istri nya yang berpuasa tersebut sedangkan yang menaggung dosa adalah istri.
Sedangkan shalat sunat maka dibolehkan bagi istri untuk melaksanakannya tanpa izin dan restu dari suami karena shalat tidak membutuhkan waktu yang lama seperti halnya puasa.
Hal ini berdasarkan hadits Nabi SAW:
لَا يَحِلُّ لِلْمَرْأَةِ أَنْ تَصُومَ وَزَوْجُهَا شَاهِدٌ إِلَّا بِإِذْنِهِ رواه البخاري
“ tidak halal bagi wanita untuk berpuasa sedangkan suaminya hadir kecuali dengan ada izin darinya”(H.R. Imam Bukhari)
Referensi:
Fathul Mu`in dan Hasyiah I`anatuth Thalibin jilid 2 hal 273 cet. Toha Putra.
ويحرم على الزوجة أن تصوم تطوعا أو قضاء موسعا وزوجها حاضر إلا بإذنه أو علم رضاه
(قوله: ويحرم على الزوجة إلخ) هذا حيث جاز التمتع بها، وإلا كأن قام بالزوج مانع من الوطئ - كإحرام، أو اعتكاف - فلا حرمة، وحيث لم يقع بها مانع - كالرتق والقرن - وإلا فلا حرمة أيضا
ومحل التحريم في الصوم المتكرر في السنة - كالاثنين والخميس - بخلاف صوم يوم ?عرفة وعاشوراء، لانهما نادران في السنة
ومع الحرمة: ينعقد صومها - كالصلاة في دار مغصوبة - ولزوجها وطؤها، والاثم عليها.............
قوله: إلا بإذنه) أي الزوج. وذلك لخبر الصحيحين: لا يحل للمرأة أن تصوم وزوجها شاهد - أي حاضر - إلا بإذنه
Link Asal
http://www.facebook.com/groups/382134218524606/permalink/473868386017855/ ?comment_id=473880039350023&offset=0&total_comments=17
Assalamualaikum wr wb
para yai para ustadz dan ustadzah
bener gk mengerjakah sesuatu kebaikan spert hal-nya puasa sunnah.sang istri mo puasa diwajibkan izin suamix?
klo suamix tidak dirumah gmana?apa wajib jg minta izin?
JAWABAN
Kakek Jhosy >>> Wa'alaikum saalam
Haram atas Istri puasa sunnah tanpa izin suami
Kerahaman ini bila dimungkinkan Tamattu' dengan istrinya.jika tidak misalnya sedang terdapah halangan bagi suami untuk wathi' seperti ihrom atau i'tikaaf maka gak haram.dan juga sekiranya tidak halangan pada istri misalnya farji'nya buntu dengan daging atau tulang,jika emang buntu maka tidak haram puasanya
Letak kerahamanya dalam puasa teulang-ulang dalam satu tahu seperti puasa senin kamis.berbeda halnya dengan puasa sunnah arafat dan puasa sunnah asyuro' karna keduanya jarang dalam setahun dan tetap keramanya.seperti halnya shalat ditanah ghosob.dan bagi suaminya mewahti'nya dan dosa atas istrinya.
Dan miskipun berlaku adat suaminya dari pagi awal siang hingga akhir siang karna dimungkinkan tiba-tiba datang dan sewaktu-waktu memenuhi hajatnya yang tidak sesuai dengan kebiasa'an suaminya.Dikecualikan apabila suami hadir ( ada dirumah ) jika sang suami tidak ada dirumah.maka tidak haram puasanya tanpa ada selisih pendapat
Referensi
إعانة الطالبين - البكري الدمياطي - ج ٢ - الصفحة ٣٠٨
قوله: ويحرم على الزوجة إلخ) هذا حيث جاز التمتع بها، وإلا كأن قام بالزوج مانع من الوطئ - كإحرام، أو اعتكاف - فلا حرمة، وحيث لم يقع بها مانع - كالرتق والقرن - وإلا فلا حرمة أيضا
ومحل التحريم في الصوم المتكرر في السنة - كالاثنين والخميس - بخلاف صوم يوم عرفة وعاشوراء، لأنهما نادران في السنة. ومع الحرمة: ينعقد صومها - كالصلاة في دار مغصوبة - ولزوجها وطؤها، والاثم عليها. (قوله: وزوجها حاضر) أي في البلد. قال ع ش: ولو جرت عادته أن يغيب عنها من أول النهار إلى آخره، لاحتمال أن يطرأ له قضاء وطره في بعض الأوقات على خلاف عادته. اه
وخرج بكونه حاضرا في البلد: ما إذا كان غائبا عنها، فلا يحرم عليها ذلك، بلا خلاف
Referensi
فتح المعين - المليباري الهندي - ج ٢ - الصفحة ٣٠٨
ويحرم على الزوجة أن تصوم، تطوعا أو قضاء موسعا وزوجها حاضر إلا بإذنه أو علم رضاه
>>>NB<<<
Referenssi
الموسوعة الفقهية الكويتية الجزء ٢٩ ص ٩٤
اتفق الفقهاء على أنه ليس للمرأة أن تصوم تطوعا إلا بإذن زوجها " لقول النبي صلى الله عليه وسلم " لا تصم المرأة وبعلها شاهد ، إلا بإذنه ، ولأن حق الزوج فرض، فلا يجوز تركه لنفل
ولو صامت المرأة بغير إذن زوجها صح مع الحرمة عند جمهور الفقهاء ، والكراهة التحريمية عند الحنفية ، إلا أن الشافعية خصوا الحرمة بما يتكرر صومه ، أما ما لا يتكرر صومه كعرفة وعاشوراء وستة من شوال فلها صومها بغير إذنه ، إلا إن منعها
Kesimpulanya
Kesepakatn ulamak fuqoha' tidak boleh berpuasa tathawu' bagi perempuan tnp izin suaminya .krn nabi bersabda Tidak boleh seorang wanita berpuasa selain puasa Ramadhan sedangkan suaminya sedang ada (tidak bepergian) kecuali dengan izin suaminya
Jika seorang wanita menjalankan puasa (selain puasa Ramadhan) tanpa izin suaminya, puasanya tetap sah, namun ia telah melakukan keharaman. Demikian pendapat mayoritas fuqoha. Ulama Hanafiyah menganggapnya makruh tahrim. Ulama Syafi’iyah menyatakan seperti itu haram jika puasanya berulang kali. Akan tetapi jika puasanya tidak berulang kali (artinya, memiliki batasan waktu tertentu) seperti puasa ‘Arofah, puasa ‘Asyura, puasa enam hari di bulan Syawal, maka boleh dilakukan tanpa izin suami, kecuali jika memang suami melarangnya.
Dha Kho Chan >>> Jk suami ada di daerahnya mk haram tdk ijin. Tp jk suami gak ada misal suami jd TkI mk boleh.
Bagi istri yang suaminya berada di daerahnya maka haram hukumnya berpuasa sunat tanpa izin atau yakin adanya keridhaan dari suami dengan ketentuan:
1. Istri tersebut berada dalam keadaan boleh berhubungan dengan suami. Sedangkan bila ia berada dalam keadaan tidak boleh berhubungan dengan suami misalnya ia sedangkan ihram maka dibolehkan baginya untuk berpuasa.
2. Puasa sunat yang diharamkan hanyalah puasa sunat yang sering datang waktunya dalam setahun seperti puasa senin kamis. Sedangkan puasa yang jarang seperti puasa Arafah, puasa `Asyura, dll maka dibolehkan
Walaupun hukum puasanya haram namun hukum puasanya tetap dihukumi sah dan terhadap suami dibolehkan berhubungan badan dengan istri nya yang berpuasa tersebut sedangkan yang menaggung dosa adalah istri.
Sedangkan shalat sunat maka dibolehkan bagi istri untuk melaksanakannya tanpa izin dan restu dari suami karena shalat tidak membutuhkan waktu yang lama seperti halnya puasa.
Hal ini berdasarkan hadits Nabi SAW:
لَا يَحِلُّ لِلْمَرْأَةِ أَنْ تَصُومَ وَزَوْجُهَا شَاهِدٌ إِلَّا بِإِذْنِهِ رواه البخاري
“ tidak halal bagi wanita untuk berpuasa sedangkan suaminya hadir kecuali dengan ada izin darinya”(H.R. Imam Bukhari)
Referensi:
Fathul Mu`in dan Hasyiah I`anatuth Thalibin jilid 2 hal 273 cet. Toha Putra.
ويحرم على الزوجة أن تصوم تطوعا أو قضاء موسعا وزوجها حاضر إلا بإذنه أو علم رضاه
(قوله: ويحرم على الزوجة إلخ) هذا حيث جاز التمتع بها، وإلا كأن قام بالزوج مانع من الوطئ - كإحرام، أو اعتكاف - فلا حرمة، وحيث لم يقع بها مانع - كالرتق والقرن - وإلا فلا حرمة أيضا
ومحل التحريم في الصوم المتكرر في السنة - كالاثنين والخميس - بخلاف صوم يوم ?عرفة وعاشوراء، لانهما نادران في السنة
ومع الحرمة: ينعقد صومها - كالصلاة في دار مغصوبة - ولزوجها وطؤها، والاثم عليها.............
قوله: إلا بإذنه) أي الزوج. وذلك لخبر الصحيحين: لا يحل للمرأة أن تصوم وزوجها شاهد - أي حاضر - إلا بإذنه
Link Asal
http://www.facebook.com/groups/382134218524606/permalink/473868386017855/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar