Selasa, 26 Maret 2013

NIAT MEMBATALKAN PUASA


Umar Faruq Abdillah


Assalamualaikum wr.wb,..,,

apa kbr semuax,,,,,,
mf mau nx dikit nich,,,,,,
pada suatu hari,saya lg mnjlnkn puasa bulan romadhon,krn saya orng tani,pas lg puasa saya ngerumput,,,,
pas ngerumput,saya merasa kehausan,dstlah dalam hati timbul rasa ingin mmbatalkan puasa saya,,,,
hati ni brkata,poko'x ntar kalau udah nyampe' d tempat ni,saya mau minum biar seger,,,,,,
Tapi,setelah perjalanan plng,rasa haus saya hilang,,,,,,
disitu saya tidak jadi mmbatalkan puasa saya,jd saya mlnjtkn puasa saya,,,,

Pertanyaan saya,,,,
apakah puasa saya tadi,jadi batal atau tidak,,,,,,
mksh sblmx ats jwbnnya,,,,, wessalam,,,,,
JAWABAN
Kakek Jhosy >>> Wa'alaikum salam wr wb
Niat ingin membatalkan puasa 
Puasanya Tidak menjadi batal menurut Asy-syafi'ieyyach 

Referensi
الموسوعة الفقهية الكويتية الجزء ٣٦ ص ٤٨
ويقطع الصوم ما يبطله من أكل أو شرب أو جماع ، ولا ينقطع الصوم بنية القطع عند الشافعية


Syifa Auliea >>> Wa’alaikum salam wr wb

Memutuskan puasa dengan hal yang menbatalkan puasa contoh minom air makan nasi atau jimak ( hubungan intim) makan batal puasanya
bila memutuskan puasa dengan niat maka tidak menjadi batal puasanya itu menurut Imam Syafi'iyyah

Niat memutuskan puasa itu hukumnya diperinci sebagai berikut 

1. Jika di malam hari sudah niat puasa, kemudian ia ‘memutus’nya sebelum munculnya fajar, maka niatnya rusak karena dianggap telah melakukan hal yang merusak niat, dan harus mengulangi niatnya lagi. Berbeda halnya jika setelah niat dimalam hari lalu ia makan sebelum fajar, niatnya tidak menjadi rusak.

2. Jika memutus niat puasa tersebut dilakukan disiang hari, saat sudah menjalankan puasa, menurut pendapat yang lebih shahih ( ashoh ) puasanya tidak batal. Hal ini berbeda halnya dengan sholat karena sholat memiliki kekhususan tersendiri diantara ibadah-ibadah lainnya, sebab dalam sholat terdapat hubungan, persambungan dan munajat langsung antara hamba dan Tuhannya.

Referensi
Al Mausu’ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, Juz 34 / 52
ويقطع الصوم ما يبطله من أكل أو شرب أو جماع، ولا ينقطع الصوم بنية القطع عند الشافعية

Referensi
Al Mausu’ah al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, Juz 28/ 27\
ولو نوى الإفطار في أثناء النهار فمذهب الحنفية والشافعية أنه لا يفطر، كما لو نوى التكلم في صلاته ولم يتكلم، قال البيجوري: ويضر رفض النية ليلا، ولا يضر نهارا

Referensi
Hasyiyah Al Baijuri Ala Syarhi Ibnul Qosim, Juz 1 / 289
قوله فلا بد من إيقاع النية ليلا أي لقوله صلى الله عليه وسلم من لم يبيت النية قبل الفجر فلا صيام له والتبييت إيقاع النية ليلا -الى أن قال- ويضر رفض النية ليلا ولايضر نهارا

Referensi 
Nihayatuz Zain, Hal 89
فائدة العبادات بالنسبة إلى قطع النية أربعة أقسام قسم يبطل بمجرد قطع نيته اتفاقا وهو الإسلام والصلاة
وقسم لا يبطل بذلك اتفاقا وهو الحج والعمرة وقسم لا يبطل بذلك على الأصح وهو الصوم والاعتكاف
وقسم لا يبطل ما مضى منه على الأصح لكن يحتاج الباقي إلى تجديد نية وهو الوضوء والغسل

Referensi 
Al Asybah Wan Nadho’ir, Juz 1/ 91
نوى قطع الصوم و الاعتكاف لم يبطلا في الأصح لأن الصلاة مخصوصة من بين سائر العبادات بوجوه من الربط و مناجاة العبد ربه
نوى الأكل أو الجماع في الصوم لم يضره
نوى فعل مناف في الصلاة كالأكل و الفعل الكثير لم تبطل قبل فعله
نوى الصوم من الليل ثم قطع النية قبل الفجر سقط حكمها لأن ترك النية ضد النية بخلاف ما لو أكل بعدها لا تبطل لأن الأكل ليس ضدها

Wallohu A'lam Bis shawab

  • Link Asal
http://www.facebook.com/groups/382134218524606/permalink/472754836129210/?comment_id=472975812773779&offset=0&total_comments=19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar