Rabu, 20 Maret 2013

RUKUK DAN SUJUD SALAH BACAAN


Indah Azza


Assalamualaikum 

gmn hukumx jika waktu shalat pas rukuk kliru baca fatihah?
dan waktu sujud kliru baca Subhana robbiyal adzimi wabihamdih

JAWABAN
Kakek Jhosy >>> Wa'alaikum salam
Hadits Muslim 
Ali RA - Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam melarangku untuk membaca (al-Qur'an) dalam keadaan rukuk atau sujud

Dalam hadist lain disebutkan : 
Saya dilarang untuk membaca (al-Qur'an, sedangkan saya dalam keadaan rukuk. Dan dia tak menyebutkan Ali dalam sanad tersebut.

Menurut qoul ashoh shalat tidak batal walaupun saat sujud atau rukuk membaca fatihah
sementara ulamak jumhur iraaqiyyin batal shalat karna termasuk memindahkan rukun bukan tempatnya seperti hal-nya sujud membaca fatihah.

Tasbih ( bacaan dalam Rukuk atau sujud ) termasuk sunnah bukan wajib,apabila orang shalat meninggalkan bacaan tasbih maka shalatnya tetap sah Baik bacaan tasbih tersebut ditinggalkan karna disengaja maupun tidak disengaja (lupa) Hanya saja makruh meninggalkan bacaan Tasbih denga sengaja Inilah mendapat Madzhab kita dan jumhur ulamak.
sebagian ulamak Syekh abu hamid ammatul fuqooha' bila meninggal bacaan tasbih disengaja batal shalatnya.dan bila karna lupa maka tidak batal shalatnya?
Menurut Imam Achmad tasbih bacaan dalam rukuk dan sujud dan bacaan sami'allohu liman hamidah dan dzikir antara dua sujud wajib.bila meninggal dengan cara sengaja maka shalatnya batal.bila karna lupa tidak batal dan bersujud sahwi.

Referensi
المجموع - محيى الدين النووي - ج ٣ - الصفحة ٤١٤
فرع) قال الشافعي وسائر الأصحاب وسائر العلماء قراءة القرآن في الركوع والسجود والتشهد وغير حالة القيام من أحوال الصلاة ( لحديث علي رضي الله عنه قال " نهاني رسول الله صلى الله عليه وسلم عن قراءة القرآن وأنا راكع أو ساجد " رواه مسلم وعن ابن عباس رضي الله عنهما ان رسول الله صلى الله عليه وسلم قال " الأواني نهيت ان أقرأ القرآن راكعا أو ساجدا فأما الركوع فعظموا فيه الرب واما السجود فاجتهد في الدعاء فقمن أن يستجاب لكم " رواه مسلم فان قرأ غير الفاتحة في الركوع والسجود لم تبطل صلاته وان قرأ الفاتحة أيضا لم تبطل على الأصح وبه قطع جمهور العراقيين وفى وجه حكاه الخراسانيون وصاحب الحاوي انه تبطل صلاته لأنه نقل ركنا إلى غير موضعه كما لو ركع أو سجد في غيره موضعه وستأتي فروع هذه المسألة ونبسطها في سجود السهو إن شاء الله تعالى

Referensi
المجموع - محيى الدين النووي - ج ٣ - الصفحة ٤١٤
فرع ) في التسبيح وسائر الأذكار في الركوع والسجود ، وقول : سمع الله لمن حمده ، وربنا لك الحمد ، والتكبيرات غير تكبيرة الإحرام كل ذلك سنة ليس بواجب ، فلو تركه لم يأثم وصلاته صحيحة ، سواء أتركه عمدا أم سهوا ، لكن يكره تركه عمدا هذا مذهبنا ، وبه قال مالك وأبو حنيفة وجمهور العلماء
قال الشيخ أبو حامد : وهو قول عامة الفقهاء ، قال صاحب الحاوي : وهو مذهب الفقهاء كافة 
وقال إسحاق بن راهويه : التسبيح واجب إن تركه عمدا بطلت صلاته ، وإن نسيه لم تبطل ، وقال داود : واجب مطلقا ، وأشار الخطابي في معالم السنن إلى اختياره ، وقال أحمد : التسبيح في الركوع والسجود وقول : سمع الله لمن حمده ، وربنا ولك الحمد ، والذكر بين السجدتين وجميع التكبيرات واجبة ، فإن ترك شيئا منه عمدا بطلت صلاته ، وإن نسي لم تبطل ، ويسجد للسهو عنه 

Mohon dikoreksi bila salah..

  • Link Asal
http://www.facebook.com/groups/382134218524606/permalink/470312333040127/?comment_id=470437333027627&offset=0&total_comments=26

Tidak ada komentar:

Posting Komentar