- Wes Qie
pertanyaan titipan
adakah qoul/pendapatnya ulama' yg mengesahkan ijab qobul di dalam nikah melalui surat ??
Mohon jawaban beserta refrensinya.. Syukron
JAWABAN
- Komfirmasi-Donk OrangyangMungkin'Anda-kenal DanHalaman-yang Yakin'andaSukai
tdk sah menurut mayoritas ulama,salah1nya Imam Taqiyyudin dlm kitabnya Kifayatul Akhyar II/5
(فرع) يُشْتَرَطُ فِى صِحَّةِ عَقْدِ النِّكَاحِ حُضُورُ أَرْبَعَةٍ: وَلِىٍّ وَزَوْجٍ وَشَاهِدَيْ عَدْلٍ
dan disyaratkan dalam keabsahan akad nikah hadirnya empat orang (dlm 1 t4)n wali,calon pengantin dan dua orang saksi yang adil.
وَمِمَّاتَرَكَهُ مِنْ شُرُوطِ الشَّاهِدَيْنِ السَّمْعُ وَالبَصَرُ وَالضَبْطُ. (قوله والضبط) أَيْ لألْفَاظِ وَلِىِّ الزَّوْجَةِ وَالزَّوْجِ فَلاَ يَكْفِي سِمَاعُ أَلْفَاظِهِمَا فِي ظُلْمَةٍ لأَنَّ الأصْوَاتِ تَشْبِيْهٌ.
mendengar, melihat dan (dlobith) membenarkan adalah bagian dari syarat diperkenankannya dua orang saksi. (pernyataan penyusun ‘wa al dlobthu) maksudnya lafadz (pengucapan) dari wali pengantin putri dan pengantin pria, maka tidaklah cukup mendengar lafadz (perkataan) mereka berdua dikegelapan, karena suara itu (mengandung) keserupaan).
Tuhfatul Habib ala Syarhil Khatib III/335
http://www.piss-ktb.com/?m=1
- Guz Zein
Guz Zein
itu menurut madhab hanafy. nmn menurut jumhur tdk boleh alias tdk syah : الناطق في حال الحضور: إن كان العاقدان حاضرين معاً في مجلس العقد وكانا قادرين على النطق: فلا يصح بالاتفاق الزواج بينهما بالكتابةأو الإشارة، ولو كانت الكتابة بينة واضحة، والإشارة مفهمة في الدلالة على إنشاء الزواج، للاستغناء عنها بالنطق، ولأن اللفظ هو الأصل في التعبير عن الإرادة، ولا يلجأ إليه إلا عند الضرورة، ولا ضرورة هنا، ولأنه لا يتيسر للشهود سماع كلام العاقدين في حال الكتابة
الفقه الاسلامي وادلته
juz: 7\ 58
- Guz Zein
Guz Zein
nmn menurut jumhur ulma` madzhab (maliki , syafi`i dan hanbali ) hal yg demikian itu di tentang alias tdk di syahkan.
مثال الكتاب: أن يكتب رجل لخطيبته: تزوجتك أو زوجيني نفسك، فقالت المرأة في مجلس وصول الكتاب: قبلت الزواج، بحضور شاهدين، صح الزواج؛ لأن سماع الشاهدين شطري العقد (الإيجاب والقبول) شرط لصحة الزواج
al- fiqhul islami wa` adillatuhu, juz: 7 dr halaman 63.
Link asal
http://www.facebook.com/groups/382134218524606
Tidak ada komentar:
Posting Komentar