Selasa, 26 Februari 2013

SEPUTAR UANG RISYWAH (SUAP)


Baz Biz Boz


assalamualaikum.......
para asatid dan asatidzah mo tx
1 bagaimana hukumnya orang menyogok untuk jadi DPR /PRESIDEN
NGASIh UANG BIAR MENCOBLOS-nya?


2 akad apakah uang trsbut?



JAWABAN

  • Guz Zein
من كان له حق مضيع لم يجد طريق للوصول اليه الا بالرشوة , فالأفضل له أن يصبر حتى ييسر الله له أفضل السبيل لرفع الظلم , ونيل الحق . فان سلك سبيل الرشوة من اجل دلك , فالاثم على الأخد المرتشى ليس عليه اثم الراشى فى هده الحالة. ( الحلال والحرام فى الاسلام ,تأليف : الدكتور الشيخ يوسف القرضاوي )
Kesimpulannya,,,, apabila seseorang yg ingin menjadi DPR, sedangkan persyaratannya sudah terpenuhi, pencalon mempunyai ilmu dan ijazah yg di perlukan, nmn tdk bisa dia capai kecuali dengan menyugok, maka bagi yg melamar mau menjadi DPR, hukumnya halal. Dan bagi yg menerima sogokan tadi hukumnya haram. INI DI NAMAKAN RUSWAH LI ROF`ID DHOLAM. Nah kalao hukumnya sudah halal bagi pelamar DPR yg menyogok tersebut, maka sudah bisa di pastikan mengenai hukum gajinya. SUDAH TENTU HALAL. Wallohu A`lam Bissowab



  • Wes Qie
Guz @ yupz se 7 low sy mengarahkan bkn ihtilaf melain bg yg berhak tuk jd DPR kendati demikian tetap harom bg yg menerima, namun apabila semata" agar bs jd DPR maka hukumx RISYWAH memberi dan yg dberi adl haram.

WAQOBULUR RISYWATI HAROOMUN WAHIA MA YUBDZILU LIL QOODI LIYAHKUMA BIGHOIRIL HAQQI AUW LIYAMTANI'A MINAL HUKMI WAI'TOO IHA KADZAALIKA LI ANNAHU I'ANATUN 'ALALAL MAKSIATI. AMMA panjang ibarotx 

NIHAYATUZZAIN 370




  • Syifa Ramadhany
Secara garis besar cuma ada 2 
1.mutlaq haram baik yg menerima ato yg memberi.
2.haram yg menerima tidak haram yg memberi.

Risywah menurut terminologinya mempunyai arti "sesuatu yang diberikan kepada seseorang dengan syarat bisa membantu kepada orang yang memberi" dan pemberian tersebut tidak bisa dikategorikan hadiah sebab bila hadiah pemberiannya bukan karena maksud tertentu.
Risywah secara fiqh: Adalah sebuah pemberian yang dimaksudkan untuk membenarkan sebuah hal yang batil atau membatalkan sesuatu yang haq.

Misbahul Munir halaman 244

الرِّشْوَةُ- بِالكَسْرِ: مَا يُعْطِيْهِ الشَّحْصُ الحَاكِمَ وَغَيْرَهُ لِيَحْكُمَ لَهُ أَو يَحْمِلُهُ عَلَى مَا يُرِيْدُ.

Risywah adalah apa yang diberikan oleh seseorang kepada hakim atau lainnya agar dia menetapkan hukum yang menguntungkan orang yang memberi atau hakim tersebut membawa dia sesuai dengan apa yang ia inginkan.

قَالَ الشَّيْخُ مُحَمَّدٌ بْنُ عُمَرَ نَوَوِي الْجَاوِيُ: وَأَخْذُ الرِّشْوَةِ بِكَسْرِ الرَّاءِ وَهُوَ مَا يُعْطِيْهِ الشَّخْصُ لِحَاكِمٍ أَوْ غَيْرِهِ لِيَحْكُمَ لَهُ أَوْ يَحْمِلَهُ عَلىَ مَا يُرِيْدُ كَذَا فِي الْمِصْبَاحِ وَقَالَ صَاحِبُ التَّعْرِيْفَاتِ وَهُوَ مَا يُعْطَى لإِبْطَالِ حَقٍّ أَوْ لإِحْقَاقِ بَاطِلٍ اهـ مرقاة صعود التصديق ص 74.

Syaikh Muhammad bin Umar Nawawi al-Jawi (Syaikh Nawawi Banten) berkata: "Termasuk perbuatan maksiat adalah menerima suap/risywah. Suap adalah sesuatu yang diberikan kepada seorang hakim atau lainnya, agar keputusannya memihak si pemberi atau mengikuti kemauan pemberi, sebagaimana yang terdapat dalam kitab al-Mishbab.
Pengarang kitab al-Ta'rifat berkata: "Suap adalah sesuatu yang diberikan karena bertujuan membatalkan kebenaran atau membenarkan kesalahan."
(Mirqat Shu'ud al-Tashidiq, hal. 74)




  • Wes Qie
Juga d terangkan ddlm ktb ROUDOTUT THOLIBIIN JUZ 11 HAL 144

FAR'UN QOD DZAKARNA ANNAR RISYWATA HAROMUN MUTLAQON.,....
{ panjang, lesoh mau nulis }




  • Guz Zein
 ( باب ما جاء في الراشي والمرتشي في الحكم ) 
الراشي هو دافع الرشوة والمرتشي آخذها 
قوله ( لعن رسول الله صلى الله عليه و سلم الراشي والمرتشي في الحكم ) زاد في حديث ثوبان والرائش يعني الذي يمشي بينهما 
رواه أحمد قال بن الأثير في النهاية الرشوة والرشوة الوصلة إلى الحاجة بالمصانعة وأصله من الرشا الذي يتوصل به إلى الماء فالراشي من يعطي الذي يعينه على الباطل 
والمرتشي الاخذ والرائش الذي يسعى بينهما يستزيد لهذا أو يستنقص لهذا 
فأما ما يعطى توصلا إلى أخذ حق أو دفع ظلم فغير داخل فيه 
روى أن بن مسعود أخذ بأرض الحبشة في شيء فأعطى دينارين حتى خلى سبيله 
وروى عن جماعة من أئمة التابعين قالوا لا بأس أن يصانع الرجل عن نفسه وماله إذا خاف الظلم 
انتهى كلام بن الأثير 
وفي المرقاة شرح المشكاة قيل الرشوة ما يعطى لإبطال حق أو لإحقاق باطل 
أما إذا أعطى ليتوصل به إلى حق أو ليدفع به عن نفسه ظلما فلا بأس به 
وكذا الاخذ إذا أخذ ليسعى في إصابة صاحب الحق فلا بأس به 
لكن هذا ينبغي أن يكون في غير القضاة والولاة 
لأن السعي في إصابة الحق إلى مستحقه ودفع الظلم عن المظلوم واجب عليهم فلا يجوز لهم الأخذ عليه
: تحفة الأحودي. 4\471

  • Link ASAL
http://www.facebook.com/groups/382134218524606/permalink/433441893393838/?comment_id=433934833344544&notif_t=like

Tidak ada komentar:

Posting Komentar